Back

10 Masjid Indah di Indonesia yang Dekat dengan Air

Dalam Islam, air berperan penting, terutama dalam proses penyucian diri.  Maka, keberadaan sumber air di sekitar masjid tentu sangat vital. Lokasi masjid yang dekat dengan air juga menawarkan pemandangan unik. Masjid indah menjadi magnet bagi pengunjung untuk berbondong mendatanginya, baik untuk beribadah atau sekadar menikmati pemandangan. Sebab keindahan itu lekat dalam Islam, dan rasanya nikmat jika bisa beribadah sambil menyesapi panorama perairan di sekitar masjid.

Yuk, simak penelusuran salamberkah.com ke 10 masjid indah di Indonesia yang dekat dengan air berikut ini.

1. Masjid Al Aminah

merupakan masjid terapung di kawasan keramba ikan dekat Pantai Sari Ringgung, Lampung. Pemandangan hilir mudik ikan di halaman depan masjid bisa jadi penyejuk hati usai menunaikan salat.

2. Masjid Nurul Bahar

berada di area Wisata Mangrove Pelabuhan Pelelangan Ikan, Probolinggo. Bentuk bangunan masjid tampak seperti kapal layar yang bersandar, dengan tiang-tiang pancang yang tertanam ke laut.

3. Masjid An Nur

dikenal sebagai masjid terapung di Perkampungan Wuring, Sikka, Flores, NTT yang dihuni oleh suku Bajo. Keunikan lokasi masjid menjadi daya tarik bagi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke NTT.

4. Masjid Raya Al Munawwar

berdiri megah di tepi pantai Ternate, Maluku Utara. Masjid ini seolah mengapung di permukaan laut karena dua dari empat menara masjid ditancapkan di laut.

5. Masjid Arkam Babu Rahman

di Pantai Talise, pesisir Teluk Palu. Masjid indah ini memiliki kubah yang dapat memancarkan tujuh warna cahaya secara bergantian saat malam hari.

6. Masjid Amirul Mukminin

di bibir Pantai Losari, Makassar. Masjid ini diklaim sebagai masjid terapung pertama di Indonesia dengan kubah biru yang tampak menonjol di pinggir lautan. Membingkai masjid ini dalam pemandangan matahari terbenam menjadi salah satu potret indah yang membuat siapa pun terpesona.

7. Masjid Islamic Center

di tepi Sungai Mahakam, Samarinda, disebut sebagai masjid terbesar kedua di Asia Tenggara. Masjid ini menjadi kebanggaan warga Kalimantan Timur dengan bangunan megah dan tujuh menara yang menjulang mengelilingi masjid.

8. Masjid Tua Al Wahhab

di sisi Sungai Api-api, Bontang yang didirikan tahun 1789. Ruang utama bangunan masjid seluruhnya terbuat dari kayu ulin. Meski sudah ratusan tahun, masjid tetap berdiri kokoh dan menjadi bagian dari sejarah kota Bontang.

9. Masjid Jami Al Misbah

di perkampungan terapung Bontang Kuala, Bontang. Warna hijau mendominasi bangunan masjid, dengan ornamen warna emas pada kubah di gapura serta pintu dan jendelanya. Masjid ini menjadi andalan wisatawan yang berkunjung ke Bontang Kuala untuk menunaikan kewajibannya sembari berjalan-jalan menikmati udara laut.

10. Masjid Jami Sungai Banar

di tepi Sungai Negara, Amuntai, Hulu Sungai Utara. Masjid ini dibangun tahun 1804 dan menjadi cagar budaya yang dilindungi. Empat tiang besar penopang masjid memberikan daya tarik bagi para pengunjung yang datang beribadah di sana.

Itulah 10 masjid indah di Indonesia yang dekat dengan air. Pasti menyenangkan jika bisa beribadah sambil berwisata. Jangan lupa tambahkan 10 nama masjid indah tadi ke dalam daftar kunjung Anda jika singgah di kota-kota tersebut!. Jika kalian memeiliki refrensi mesjid indah dekat dengan air lainnya share ya di kolom komentar dan juga share artikel ini kepada orang lain.

Post a Comment