Back

5 Festival Muslim Art yang Perlu Kita Tahu

Seni merupakan bagian dari sendi-sendi Islam. Betapa sejarah perjuangan dakwah Islam oleh para pendahulu banyak dituangkan dalam karya seni yang tak ternilai harganya oleh para seniman muslim. Mereka lalu tergabung dalam komunitas yang menjembatani karya dengan penikmatnya melalui berbagai festival muslim art di seluruh dunia.

Berikut ini ulasan tim salamberkah.com mengenai 5 festival muslim art yang perlu kita tahu.

1. Muffest (Muslim Fashion Festival)

Gelaran pertunjukan karya pakaian muslim dari seluruh merek adibusana di Indonesia ini diadakan setiap tahun. Tidak hanya peragaan busana dan pameran dagang, Muffest juga mengadakan seminar, bincang-bincang (talkshow), kompetisi desain ala modest fashion yang sederhana, dan audisi model muslimah bertajuk Next Face Muffest yang akan dipilih perwakilannya setiap tahun. Anda yang tertarik dengan festival muslim art ini bisa langsung melihat informasinya di www.muslimfashionfestival.com

2. World Islamic Cultural Festival

Indonesia patut berbangga karena pada awal Juli 2018 akan menjadi tuan rumah untuk World Islamic Cultural Festival pertama. Event dunia ini akan diadakan di Kota Udang, Cirebon, dan akan menghadirkan 100 tokoh muslim dari seluruh dunia. Kegiatan seperti ini sudah banyak di luar negeri, tetapi skalanya terbatas hanya untuk lokal saja, sedangkan WICF ini menjadi kegiatan pertama yang menjangkau skala internasional.

Siapa saja yang bisa mengikuti WICF? Mereka bisa datang dari komunitas muslim seluruh dunia, para pengusaha, penggiat industri pariwisata, pemerintah dalam negeri, dan masyarakat luas. Produk yang akan disajikan dalam WICF di antaranya ekonomi syariah, makanan halal (halal food), dan masih banyak lagi. (https://m.detik.com/news/berita-jawa-barat/d-3678449/100-tokoh-islam-dunia-diundang-hadiri-wicf-2018-di-cirebon?

3. SIAF (Sharjah Islamic Art Festival)

Sharjah adalah kota terbesar ketiga di Uni Emirat Arab (UEA). Pemerintah kota ini mengadakan SIAF untuk memajang sejumlah karya yang berasal dari para seniman UEA, negara-negara tetangga UEA, dan seluruh dunia. Pada hari diadakannya festival muslim art ini, kota akan dipenuhi dengan karya-karya seperti masjid berarsitektur unik, graviti, mural, dan lain-lain. Pengunjung yang akan menikmati pertunjukan hiburan dan seni bisa berkumpul di sebuah gelanggang terbuka yang telah disediakan.

4. Festival Islam Mertola

Festival yang diadakan rutin setiap 2 tahun ini menjadi festival muslim art terbesar di Eropa. Warga yang mengikuti festival tersebut tidak hanya mereka yang berasal dari Mertola, Portugal, tetapi juga warga muslim yang berasal dari daerah pusat muslim di Spanyol seperti Sevilla, Granada, dan Cordoba. Warga Negara Indonesia dan para pejabat KBRI di sana juga turut menghadiri Festival Islam Mertola.

Pertunjukan yang ditampilkan di antaranya teater, musik, dan tarian khas Islam. Sepanjang jalanan juga selalu dipenuhi dengan berbagai macam produk kerajinan dan seni Islam.

5. Festival Halal Qatar

Salah satu negara Emirat di Timur Tengah ini punya cara sendiri untuk melestarikan kebudayaannya. Festival yang diadakan setiap tahun tersebut menampilkan budaya hidup sederhana di bukit berpasir dengan beternak domba, pertunjukan tradisional khas pedesaan, dan muslim art lainnya.

Masyaallah, begitu banyak festival muslim art yang tersebar di seluruh dunia ya. Hal ini membuktikan jika mencintai Islam sangat beragam caranya.   

Yuk share artikel ini agar dunia tahu bahwa Islam juga keren.

Post a Comment