Back

5 Masjid yang Dirancang Oleh Aristek Muda Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara dengan komunitas muslim terbesar di dunia. Tidak heran jika ada banyak sekali masjid yang dibangun di negara ini. Masjid-masjid dengan arsitektur kuno, klasik, hingga modern bisa Anda temukan dengan mudah. Nah, di antara begitu banyak masjid yang indah tersebut, terdapat sejumlah masjid dengan arsitektur unik dan modern yang dirancang oleh arsitek muda Indonesia. Penasaran seperti apa keindahan bangunannya dan siapa arsitek masjid tersebut? Simak penelusuran salamberkah.com di bawah ini.

1. Masjid Permata Qolbu, Jakarta

Salah satu masjid karya anak bangsa yang patut dibanggakan adalah Masjid Permata Qolbu. Bangunan masjid yang dikelilingi kolom-kolom berwarna putih menciptakan nuansa tersendiri.

Masjid dengan arsitektur unik ini berada di Perumahan Permata Mediterania, Jakarta. Lalu siapakah arsiteknya? Arsitek masjid yang selesai dibangun pada tahun 2013 ini adalah Mahadiyanto dari Studio Arsitek MASS.

2. Masjid Al Irsyad, Bandung

Anda tentu sudah tidak asing dengan nama Ridwan Kamil. Benar, arsitek sekaligus politisi yang akrab disapa Kang Emil ini adalah orang yang merancang Masjid Al Irsyad. Masjid yang terletak di kompleks Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat ini merupakan salah satu masjid terindah di Indonesia. Selain merancang Masjid Al Irsyad, Ridwan Kamil juga telah merancang sejumlah masjid lain dengan desain yang tak kalah hebatnya.

3. Masjid Cheng Ho, Surabaya

Jika Anda penasaran dengan arsitektur masjid multi-budaya, datanglah ke Masjid Cheng Ho, Surabaya. Desain masjid ini adalah perpaduan arsitektur gaya nusantara dipadu dengan budaya China.

Bagaimana tidak, nuansa warna mencolok seperti merah, kuning dan hijau begitu mendominasi. Ditambah lagi dengan bentuk kubah yang mirip klenteng. Keunikan masjid yang dirancang oleh Abdul Aziz ini membuatnya menjadi salah satu tujuan wisata religi.

4. Masjid Raya Sumatera Barat

Ingin melihat arsitektur masjid dengan unsur tradisi lokal yang kuat? Datanglah ke Masjid Raya Sumatera Barat di Padang. Arsitek Masjid ini adalah Rizal Muslimin. Desain Masjid ini merupakan pemenang dari kompetisi arsitektur yang diikuti oleh lebih dari 300 arsitek dari dalam dan luar negeri. Maka tidak heran jika masjid ini menjadi salah satu kebanggaan Sumatera Barat dan Indonesia.

5. Masjid Dian Al Mahri, Depok

Masjid kebanggaan Indonesia lainnya yang dirancang dengan apik oleh arsitek Indonesia adalah Masjid Dian Al Mahri atau lebih dikenal dengan Masjid Kubah Emas. Masjid yang memiliki daya tampung cukup besar ini dirancang oleh arsitek Uke G. Setiawan dan diresmikan pada akhir tahun 2006. Keunikan masjid ini terutama terletak pada kubah dengan mozaik berlapis emas 24 karat. Kehangatan juga ingin menjadi konsep masjid yang memiliki ruangan bernuansa dominan warna krem ini.

Selain kelima masjid diatas, masih banyak masjid yang dirancang oleh arsitek masjid asal Indonesia. Masing-masing memiliki keunggulan dan daya tarik tersendiri. Pastinya, rumah ibadah umat muslim ini ingin memberi kesan damai, hangat dan tenang dengan memadukan berbagai unsur budaya yang mencerminkan Islam sebagai Agama yang indah, Rahmatan Lil ‘Alamin.  Bantu share ya biar syiar ini bisa sampai ke teman kita yang lain.

Post a Comment