Back

7 Hal yang Unik Tentang Istiqlal

Masjid Istiqlal yang terletak di pusat Jakarta disebut juga dengan Masjid Nasional Republik Indonesia. Kata istiqlal berasal dari bahasa Arab yang berarti ‘merdeka’. Nama tersebut dipilih sebagai wujud syukur kepada Tuhan karena telah memerdekakan Indonesia dari penjajahan. Masjid yang terletak di barat daya Monumen Nasional (Monas) ini, memiliki sejarah dan keunikan.

Sejarah Singkat Istiqlal

Masjid Istiqlal mulai didirikan saat pemerintahan Presiden Soekarno, 24 Agustus 1961. Diawali dari musyawarah tokoh Islam: Wahid Hasyim, H. Anwar Tjokroaminoto,  dan KH. Taufiqurrahman di gedung Deca Park, masjid ini menjadi masjid terbesar se-Asia Tenggara. Musyawarah memutuskan untuk memilih usulan Presiden Soekarno tentang letak Masjid Istiqlal di tanah bekas Taman Wilhelmina dan reruntuhan Benteng Prins Frederick.

Menghabiskan dana sebesar 7 milyar dan waktu selama 17 tahun, Masjid Istiqlal diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 22 Februari 1978. Masjid ini digunakan sebagai tempat memperingati hari-hari besar Islam yang selalu diliput oleh stasiun televisi di Indonesia.

Hal Unik di Istiqlal

Masjid yang mampu menampung hingga 200.000 jemaah ini, memiliki beberapa keunikan. Berikut adalah 7 keunikan yang bisa Anda temukan di Masjid Istiqlal.

1. Memiliki Kembaran

Masjid Istiqlal di Indonesia memiliki kembaran yang berada di Bosnia. Dikatakan kembar karena namanya yang sama, dan mulai dibangun di masa pemerintahan Presiden Soeharto. Masjid ini merupakan hadiah atas kemerdekaan yang diraih negara Bosnia. Di negaranya, masjid tersebut juga dinamai sebagai Masjid Indonesia dan Masjid Soeharto.

2. Simbol Toleransi

Indonesia yang terdiri dari berbagai ras, suku, budaya, dan agama, sudah sepantasnya menjunjung tinggi toleransi. Letak Masjid Istiqlal yang bersebelahan dengan Gereja Katolik Katedral, menjadikan masjid ini sebagai simbol toleransi di Indonesia.

3. Berbagi Parkir

Antara Masjid Istiqlal dengan Gereja Katolik Katedral, memiliki perbedaan luas lahan parkir. Perbedaan ini justru terasa indah, karena pihak masjid dengan sukarela meminjamkan tempat parkir kepada jemaat gereja ketika di gereja sedang ada acara.

4. Terowongan Rahasia

Berdasarkan sejarah Masjid Istiqlal yang berdiri di atas tanah bekas benteng Prins Frederic, ditemukan sebuah terowongan bawah tanah peninggalan Belanda. Terowongan ini merupakan jalan rahasia menuju pelabuhan Sunda Kelapa. Sayangnya, terowongan ini sudah ditutup secara permanen karena takut disalahgunakan.

5. Perayaan Hari Lahir Nabi Muhammad

Tanggal dibangunnya Masjid Istiqlal, jika dihitung mundur, bertepatan dengan hari lahir nabi besar umat Islam, Nabi Muhammad Saw. Tanggal 24 Agustus 1961, jika dalam penanggalan Islam, bertepatan pada 12 Rabiul Awal 1381 Hijriyah.

6. Antara Arsitek dengan Arsitekturnya

Friedrich Silaban merupakan seorang penganut Kristen Protestan yang taat. Dia menjadi arsitek Masjid Istiqlal dan menghasilkan masjid megah namun nyaman bergaya Islam modern. Silaban ingin umat muslim yang beribadah di dalamnya bisa merasa dekat dengan Tuhan.

7. Menara dan Alquran

Masjid Istiqlal hanya memiliki satu menara. Menara tersebut digunakan untuk meletakkan speaker yang mengeraskan suara azan. Uniknya, menara setinggi 6.666 cm ini, sama dengan jumlah ayat dalam alquran, yakni 6.666 ayat.

Demikianlah hal-hal menarik tentang Masjid Istiqlal. Bagi Anda yang belum pernah datang ke masjid ini, sempatkan untuk mampir jika berkunjung ke Jakarta dan buktikan sendiri keindahannya.

Jika artikel ini dirasa bermanfaat, jangan hanya simpan sendiri ya. Share juga ke rekan dan kerabat.

Post a Comment