Back

Arsitek Muda Muslim yang Berprestasi

Dalam sejarahnya, Islam memiliki beberapa arsitek yang terkenal dengan karya-karyanya yang mendunia. Sebut saja salah satunya adalah Mimar Sinan, seorang arsitek yang telah menghasilkan karya-karya menakjubkan semasa Dinasti Utsmaniyah. Bahkan hingga kini pesona karyanya masih bisa dinikmati. Salah satu maha karyanya adalah Masjid Sultan Salim II atau disebut Slimye.

Bukan hanya sejarah, saat ini sebenarnya sudah banyak arsitek muda muslim yang tak kalah dibanding pendahulunya. Siapa saja arsitek-arsitek itu? Berikut ini 4 arsitek muda muslim yang berprestasi:

1. Ridwan Kamil

Siapa  yang tak kenal pemuda yang satu ini? Sebelum menjadi Wali Kota Bandung,  suami dari Atalia Praratya Kamil ini adalah seorang arsitek sekaligus dosen jurusan Teknik Arsitektur di Institut Teknologi Bandung.

Salah satu karyanya yang tergolong unik dan sangat inovatif adalah dengan desain rumahnya sendiri yang dibuat dari ribuan botol bekas. Limbah yang tidak banyak dilirik orang bisa disulap menjadi sebuah bangunan cantik, itulah Ridwan Kamil.

Selain itu, masih banyak prestasi-prestasi Ridwan Kamil, seperti Urban Leadership Award dari Universitas Pensylvania, Amerika Serikat pada tahun 2013 dan Pikiran Rakyat Award pada tahun 2012 untuk Tokoh Muda Kreatif.

2. Muhammad Egha

Arsitek muda muslim lain yang berprestasi adalah Muhammad Egha, CEO Delution. Melalui karyanya, Splow House, ia bersama tim arsiteknya sukses meraih penghargaan International Architizer A+ Award 2017 di New York, dengan kategori Arsitektur dan Hunian Kecil versi Public Choice. Hal ini tentu saja diraih dengan kerja keras, mengingat lawan yang dihadapi adalah arsitek dari berbagai negara, seperti Amerika Serikat, China, dan Estonia.

3. Rizal Muslimin

Rizal Muslimin dikenal dengan ciri khas desainnya yang unik dan kerap mengaplikasikan material yang berbeda dari yang lain. Salah satu karyanya yang banyak dikenal orang adalah Masjid Raya Sumatera, atau yang biasa dikenal dengan sebutan Masjid Mahligai Minang. Masjid ini merupakan yang terbesar di Sumatera Barat.

Peraih predikat cumlaude ini bukan satu-satunya arsitek yang ingin merancang pembangunan Masjid Raya Sumatera Barat. Sebelumnya, ia sukses menyisihkan 323 arsitek dari berbagai negara.-

4. Arief Budiman

Mungkin sebagian masyarakat Indonesia belum begitu mengenal nama yang satu ini. Tapi seorang muslim berkewarganegaraan Indonesia ini sudah sangat terkenal di bidang arsitektur Internasional. Meskipun di Indonesia kemampuannya belum banyak dipakai, tapi di luar negeri kemampuannya tidak diragukan lagi.

Arsitek muda lulusan Universitas Trisakti ini mulai dikenal secara internasional setelah bergabung dengan BNKR Arquitectura, sebuah biro arsitek di Meksiko. Salah satu proyek tempatnya terlibat adalah proses desain gedung pencakar bumi alias earthscraper. Sebelum di Meksiko, Arief Budiman sudah malang melintang ke beberapa negara di dunia, seperti Afrika dan Singapura.

Bukan hanya dari Indonesia, banyak arsitek muda muslim dari berbagai negara di dunia yang berprestasi dan karyanya dikenal seluruh dunia. Share artikel ini dan serukan pada dunia bahwa lewat karya, arsitek-arsitek muslim juga mampu berkontribusi dan memberi manfaat kepada masyarakat luas.

Post a Comment