Back

Mengenal Lebih Jauh Arsitek Muslim Ternama Dunia

Campur tangan arsitek dalam perkembangan dunia infrastruktur selalu dibutuhkan pada setiap zaman. Bangunan-bangunan unik dan apik  di berbagai tempat sudah barang tentu tidak terlepas dari ide cerdik mereka. Salah satunya Museum Riverside di Glasgow, United Kingdom. Siapa sangka arsitek bangunan ini ialah seorang muslim perempuan kelahiran Irak. Perempuan ini merupakan salah satu arsitek muslim ternama dan disegani di dunia.

Ia bernama Zaha Mohammad Hadid atau dikenal dengan Zaha Hadid. Lahir  pada 31 Oktober 1950, Hadid mulai menyelami dunia arsitektur pada tahun 1972. Tepatnya ketika pergi ke London untuk belajar di Architectural Association School of Architecture. Sebelumnya, perempuan bertahi lalat di pinggir hidung ini belajar matematika di American University of Beirut.

Debut pertamanya sebagai seorang arsitek dimulai pada tahun 1977. Ia menjadi mitra dari para profesornya, yaitu Koolhaas dan Zenghelis, ketika menempuh pendidikan di Architectural Association School of Architecture. Hadid bersama kedua profesornya ini bekerja di Office for Metropolitan Architecture, Rotterdam, Belanda.

Sebagai arsitek perempuan, prestasinya tak kalah dari para arsitek laki-laki. Hasil karyanya tersebar di berbagai negara di dunia.

Hasil karya Hadid

Rancangan bangunan karya muslim Britania ini tak sebatas berdiri di tanah Eropa, namun juga di beberapa negara di benua Asia dan Amerika. Misalnya, Gedung Pencakar Langit Skyscraper, New York City; Dongdaemun Design Plaza di Seoul, Korea Selatan; Galaxy SOHO Complex di Beijing; dan Stadion Al-Warkah, Qatar. Stadion Al-Warkah ini dipersiapkan untuk perhelatan Piala Dunia pada tahun 2022.

Hasil karyanya yang lain, yaitu Salerno Maritime Terminal di Salerno, Italia; London 2012 Aquatic Centre di Stratford, UK; Vitra Fire Station di Jerman; Bridge Pavilion di Zaragoza, CMA CGMT Tower di Marseille, Prancis; serta Maxxi Museum di Roma, Italia.

Penghargaan

Arsitek perempuan yang sudah dikenal oleh komunitas arsitek di seluruh dunia ini meninggal pada 31 Maret 2016. Selain meninggalkan karya, ia juga mengukir prestasi yang membanggakan.

Pada tahun 2004, ia menerima Prizker Architecture Prize. Kemudian, pada 2010 dan 2011, ia memperoleh Stirling prize di Inggris. Selanjutnya, tahun 2012 gelar Dame Commander of the Order of the British Empire ia dapatkan dari Ratu Elizabeth II. Terakhir, tahun 2015 ia mendapatkan penghargaan RIBA Gold Medal. Untuk Prizker Architecture Prize dan RIBA Gold Medal, Hadid merupakan muslim dan perempuan pertama yang mendapatkan penghargaan tersebut.

Arsitek Muslim Lain

Selain Hadid, kita juga bisa melihat kebaikan muslim di seluruh dunia dan Indonesia melalui sosok arsitek muslim ternama lain. Misalnya, Ustaz Ahmad yang merancang Taj Mahal. Kemudian, ada Ustaz Khairuddin yang merupakan pendiri arsitektur Turki. Lalu, ada Sinan yang dikenal sebagai arsitek besar dalam peradaban Islam. Arsitek-arsitek ternama berikutnya antara lain Hasan Al Thuluni yang merupakan arsitek besar pada masa dinasti Mamluk Mesir; Mahmed Agha; Mulla Murshid yang membantu Ustaz Ahmad dalam menyelesaikan Taj Mahal; dan Lutfullah yang merupakan putra Ustaz Ahmad.

Sosok-sosok arsitek muslim ternama di atas merupakan cerminan pemeluk yang mencintai sesama manusia dan kebaikan. Melalui ilmu dan kemampuan yang dimiliki, mereka membantu dunia untuk membangun infrastruktur yang dibutuhkan pada zamannya. Peran serta dengan dasar ilmu yang mereka miliki bisa dikatakan sebagai manifestasi indahnya Islam sebagai agama.

Nah, itulah sedikit ulasan tentang arsitek muslim ternama dunia beserta sederet prestasinya. Sebagai umat muslim, sepatutnya kita bangga sekaligus termotivasi untuk semakin mengharumkan nama Islam.

Jangan lupa juga untuk berbagi inspirasi dengan membagikan artikel ini ke teman dan rekan. Semoga bermanfaat.

Post a Comment