Back

Mengenal Lebih Jauh Tentang Art Muslim Festival

Islam selalu mengajarkan kebaikan, kasih sayang, dan perdamaian. Salamberkah.com selalu ingin menjadi bagian penyebaran kebaikan melalui konten yang Memberi Semangat Umat Islam untuk terus berkarya, mengahasilkan hal yang berguna dan bermanfaat tentunya keberkahan akan datang.  Namun, beberapa tahun belakangan, dunia kerap memandang Islam secara negatif akibat aksi teroris yang terjadi di beberapa negara. Salah satu upaya nyata membangun citra positif Islam kepada masyarakat dunia adalah melalui seni. Penyelenggaraan art muslim festival di sejumlah negara menunjukkan identitas Islam sesungguhnya, sambil menyebarluaskan nilai-nilai Islam kepada khalayak umum.

Hal ini dipandang penting oleh para penyelenggara, karena masyarakat kerap memiliki persepsi keliru tentang Islam. Seni dapat menjadi media yang tepat untuk memperkenalkan nilai-nilai keislaman dengan cara yang halus tetapi mengena. Aktivitas seni yang sering ditampilkan pada festival tersebut antara lain pameran lukisan dan instalasi seni, pemutaran film bernapaskan Islam, musik nasyid, tarian sufi, seni kaligrafi, dan tentu saja kuliner. Yuk, simak empat art muslim festival yang diselenggarakan di negara-negara berikut ini.

1. MuslimFest merupakan art muslim festival yang diselenggarakan oleh DawaNet, TorontoMuslims.com, dan Sound Vision Canada di Mississauga, Ontario, Kanada. Ajang tahunan ini telah berlangsung sejak 2004 dan menjadi festival Muslim terbesar di wilayah Amerika Utara. Lebih dari 80 pengisi acara, baik dari dalam maupun luar negeri, memeriahkan festival tersebut dengan beragam atraksi seni yang memikat. MuslimFest berupaya mewadahi kaum muda Islam untuk berbagi nilai-nilai keislaman mereka kepada masyarakat, sekaligus menunjukkan bagaimana keindahan wajah Islam lewat seni.

2. Sharjah Islamic Art Festival (SIAF) di kota Sharjah, Uni Emirat Arab. Festival tahunan ini telah diselenggarakan sejak tahun 1998 oleh Departemen Kebudayaan dan Informasi Sharjah. Beragam seni tradisional dan kontemporer Islam menjadi atraksi yang ditawarkan kepada pengunjung. SIAF disebut sebagai festival seni tahunan paling meriah di kawasan Uni Emirat Arab karena banyaknya penampil seni lokal dan internasional yang berpartisipasi.

3. SalamFest, Festival of Peace yang diselenggarakan di Melbourne, Victoria, Australia. Mengklaim sebagai festival yang ramah keluarga, art muslim festival ini diselenggarakan oleh Islamic Council Victoria. Berbagai atraksi seni dan warisan budaya Islam diperkenalkan selama festival berlangsung kepada masyarakat. Festival ini mengundang pengunjung untuk melihat dari dekat dan menyelami nilai-nilai Islam yang sebenarnya, sekaligus meneguhkan kemajemukan yang selama ini melekat pada masyarakat Victoria.

4.Islamic Art Festival yang diselenggarakan oleh Islamic Art Society dan Rice University’s Boniuk Institute for Religious Tolerance di Houston, Amerika Serikat. Pada penyelenggaraan tahun ke-4 bulan November 2017 lalu, penyelenggara berhasil menampilkan lebih dari 5.000 karya seni bernapaskan Islam yang menarik perhatian pengunjung. Berbagai aktivitas juga digelar untuk memperkenalkan nilai-nilai Islam dengan cara atraktif, mulai dari kelas seni, peragaan seni kaligrafi dan henna, sampai pameran karya seni. Siapa pun bisa menghadiri festival ini dan bisa mengenal Islam lebih dekat.

Kekayaan budaya Islam tentunya menjadi warisan yang perlu dijaga oleh umat muslim di seluruh dunia. Namun, budaya Islam yang indah itu juga perlu disampaikan kepada masyarakat dunia, sehingga tidak ada lagi mispersepsi tentang Islam.  Penyelenggaraan art muslim festival di empat negara tadi menunjukkan peran seni sebagai jembatan menuju kerukunan hidup beragama di berbagai belahan dunia.  Nah sebarkanlan artike ini di group komunitas kamu biar semua orang tahu Bahwa Islam itu agama berkah, agama yang damai dan indah. Karena hidup damai itu indah!

Post a Comment