Back

3 Bisnis Halal Exhibition di Indonesia yang Perlu Anda Kenal

Konsep halal yang erat dengan syariat Islam, kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern. Tren gaya hidup halal, mulai dari produk pangan, kosmetik, mode, hingga keuangan kian diburu, tak hanya oleh masyarakat muslim. Masyarakat modern kian memahami bahwa konsep halal tak hanya berkaitan dengan ibadah, tetapi juga jaminan bahwa sebuah produk berasal dari sumber yang bertanggung jawab serta dikelola dengan baik dan benar. Inilah yang kemudian membuat bisnis halal exhibition mendapatkan atensi luar biasa dari berbagai kalangan.

1. Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF)

Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) merupakan salah satu acara ekonomi dan keuangan syariah terbesar di Indonesia yang digagas oleh Bank Indonesia berkolaborasi dengan Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) serta lembaga terkait lain. Salah satu misi forum dan fair syariah yang diselenggarakan tiap tahun—sejak 2014—di Surabaya ini adalah mengintegrasikan pemikiran dan inisiatif nyata ekonomi syariah agar memberi dampak positif terhadap perekonomian nasional maupun internasional.

Forum syariah ISEF terdiri dari forum ilmiah dan forum komunikasi/promosi/edukasi yang merangkai beragam program, kebijakan, dan bisnis syariah. Sementara itu, fair syariah, seperti ekshibisi pada umumnya, menyajikan produk dan jasa dari lembaga dan UMKM berbasis ekonomi syariah hingga pesantren.

2. Indonesia International Halal Lifestyle Expo & Conference (INHALEC)

Bisnis halal exhibition yang juga perlu Anda ketahui adalah Indonesia International Halal Lifestyle Expo & Conference (INHALEC). Acara yang didukung oleh MUI, MES, dan berbagai pihak ini sudah digelar dua kali. Demi mengembangkan industri halal dan mempromosikan gaya hidup halal, INHALEC merangkul 10 sektor, yaitu industri keuangan, farmasi, makanan, produk kesehatan, kosmetik, pendidikan, media rekreasi, pengobatan, seni dan budaya, hingga pariwisata dan fashion.

Selain konser musik, pemutaran film religi, dan peragaan busana muslim, agenda penting INHALEC adalah konferensi dengan pembicara dari berbagai bidang industri halal dalam dan luar negeri. Ada pula pameran produk halal yang diikuti ratusan peserta dari dalam dan luar negeri yang menyajikan produk-produk unggulan layak ekspor.

3. Indonesia Halal Expo (INDHEX)

Indonesia Halal Expo (INDHEX) merupakan bisnis halal exhibition yang digelar tahunan oleh Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM-MUI) sejak 2010. Tujuannya, untuk meningkatkan daya saing dan nilai jual produk bersertifikasi halal, baik di pasar nasional maupun internasional. Ke depan, Indonesia pun diharapkan mampu menjadi pusat perdagangan internasional.

INDHEX tahun 2017 memamerkan bermacam produk halal yang bisa Anda nikmati dari 100 stan produsen produk halal—baik lokal maupun internasional—UKM, instansi pemerintah, hingga komunitas halal. Selain ekshibisi, digelar pula Halal Awards yang merupakan ajang penghargaan LPPOM-MUI kepada pihak yang dinilai berjasa dalam mengedukasi sertifikasi halal di Indonesia, penyerahan hadiah ke para pemenang Olimpiade Halal, workshop, dan talk show dengan berbagai topik menarik.

Nah, itu dia 3 bisnis halal exhibition di Indonesia yang diharapkan dapat membantu berkembangnya bisnis halal di tanah air. Jika dirasa bermanfaat, jangan lupa share artikel ini ya.

Post a Comment