Back

7 Layanan Bisnis yang Fokus ke Industri Halal

Dalam Islam, halal tidak hanya menjadi bagian dari gaya hidup, tetapi sudah menjadi kebutuhan. Jika segala sesuatunya halal, maka hidup insyaallah akan lebih berkah dan membawa ketenangan.

Sesuatu bisa dikategorikan halal apabila cara memperoleh dan mengelolanya sesuai dengan syariat yang telah ditetapkan. Adapun label halal sering diidentikkan dengan produk makanan dan minuman. Namun di era sekarang ini, konsep tersebut kian berkembang. Sejumlah  industri berusaha menerapkan konsep halal dalam produk & jasanya—mengingat konsumen muslim memiliki jumlah yang patut diperhitungkan.

Nah, berikut ini adalah beberapa bisnis yang mencoba menjadi bagian dari Industri halal dan menawarkan produk atau layanan berdasarkan syariat Islam.

1. Katering Halal di Cathay Pasific

Cathay Pasific adalah sebuah maskapai penerbangan asal Hong Kong. Maskapai ini menerima penghargaan sebagai salah satu jasa pelayanan katering terbaik. Tak hanya itu, Cathay Pasific juga mempunyai dapur terbesar di dunia.

Dapur dalam Cathay Pasific ini terbagi atas 8 bagian, yang salah satunya khusus menangani masakan halal untuk umat muslim. Di beberapa tempat, terdapat stiker ‘Only Halal’, yang membuktikan bahwa Cathay Pasific memang bertanggungjawab dengan kehalalan masakannya.

2. Nippon Express

Jepang memang bukan negara dengan penduduk mayoritas muslim, namun pemerintahnya sangat menghormati wisatawan muslim yang berkunjung ke negaranya. Terbukti dengan adanya Nippon Express yang khusus mengantarkan logistik berlabel halal. Dengan mendunianya produk-produk halal, Nippon Express berniat untuk menerapkan sistem logistik ini ke seluruh dunia.

3. Logistik Halal Jepang, Yusen

Hampir sama seperti Nippon Express, Yusen juga mengambil bagian dalam industri halal, khususnya logistik. Bedanya, Yusen terfokus pada logistik halal di kawasan Asia Tenggara, seperti Malaysia dan Thailand. Yusen berhasil meraih sertifikat pertamanya di Malaysia dalam bidang kosmetik halal, dan obat-obatan halal.

4. Wisata Halal di Okayama, Jepang

Sepertinya Jepang memang sedang giat menarik wisatawan muslim lewat produk halalnya. Seperti di Okayama ini misalnya, pihak pariwisata mengeluarkan logo halal untuk wisatawan muslim agar mudah mencari restoran halal dan penginapan yang menyediakan tempat untuk beribadah. Memang, Okayama termasuk kota di Jepang yang sangat ramah terhadap warga ataupun wisatawan yang beragama Islam.

5. Syariah Hotel Solo, Paket Pernikahan Halal dan Ekonomis

Tidak mau melewatkan kesempatan yang ada di depan mata, Syariah Hotel Solo menawarkan konsep pernikahan halal yang ekonomis. Berkat konsep halal tersebut, kini Hotel Solo Syariah selalu banjir acara di setiap minggunya, bahkan hampir mencapai jumlah 1.000 acara pernikahan. Tak heran, karena selain halal, dan sederhana, budget pun bukan halangan untuk bisa menggelar pernikahan di sana.

6. Street Food Halal di Pelbagai Dunia

Siapa yang tidak suka street food? Jajanan murah meriah ini biasanya menjadi incaran wisatawan ketika berkunjung ke sebuah negara. Jika sebelumnya Anda ragu mencoba street food, karena tidak terjamin kehalalannya, kini banyak tersedia street food halal di pelbagai negara, seperti, India, Thailand, Turki, Singapura, Maroko, Malaysia, dan Indonesia.

7. Restoran Halal yang Menjadi Favorit di Seoul

Sutbul dakgalbi, adalah menu favorit di Restoran Hanouk yang berlokasi di Korea Selatan. Menurut yang sudah mencoba, makanan yang terbuat dari daging ayam ini sangat cocok bagi lidah orang Indonesia. Banyaknya wisatawan muslim yang berkunjung ke Korea, membuat pemerintah di sana mulai memperhatikan kehalalan produknya.

Demikian informasi yang bisa disampaikan terkait industri halal yang akhir-akhir ini semakin maju. Share atau bagikan informasi ini kepada rekan dan kerabat, semoga kita pun bisa berbagi manfaat atas semakin maraknya industri yang mengusung konsep keislaman.

Post a Comment