Back

9 Saudagar Muslim Indonesia, Siapa Saja Mereka?

Saudagar Muslim memang belum mendominasi deretan orang terkaya di Indonesia.  Padahal, jumlah muslim di Indonesia lebih banyak dibandingkan non muslim, yaitu 82,7% dari sekitar 260 juta penduduk. Permasalahannya ada pada rasa percaya diri muslim yang masih tipis.

Agar rasa percaya diri para muslim menjadi tebal, berikut bocoran 9 saudagar muslim Indonesia terkaya. Nama teratas bahkan masuk ke 10 besar konglomerat terkaya di Indonesia. Siapa saja mereka?

1. Chairul Tanjung

Desember lalu, Forbes baru saja merilis daftar 10 orang terkaya di Indonesia. Peringkat nomor 7 diduduki oleh Chairul Tanjung. Saudagar muslim ini merupakan pemilik perusahaan CT Group yang berkecimpung  di bidang ritel, media, dan properti. Pasti Anda mengetahui Trans Corp yang menjadi ibu dari Trans TV, Trans 7, Trans Mall, dan Trans Studio, kan? Itulah perusahaan milik Anak Singkong ini.

Selain itu, Chairil Tanjung juga memiliki perusahaan perbankan yaitu Bank Mega. Dia juga pemilik saham terbesar di Carrefour. Walaupun bukan lahir dari orang tua kaya, dengan kegigihannya, sekarang kekayaannya senilai US$ 3,6 miliar.

2. Garibaldi Thohir

Saudagar muslim yang satu ini berada di peringkat Forbes ke 23 orang terkaya di Indonesia.  Dia adalah pemilik usaha di bidang batu bara, perhotelan, dan restoran. Kekayaan pria 53 tahun ini senilai US$ 1,41 miliar.

3. Aksa Mahmud

Pimpinan Bosawa Corp ini berada di peringkat Forbes 32 orang terkaya di Indonesia. Menggeluti industri semen, jalan tol Jawa dan Sulawesi menjadikannya memiliki julukan raja dari zona timur dengan kekayaan senilai US$ 1,04 miliar.

4. Achmad Hamami

Peringkat ke 39 orang terkaya di Indonesia versi Forbes memang pantas didapat oleh Achmad Hamami. Pria yang berprofesi sebagai pilot dan pengusaha ini memiliki usaha di bidang industri restoran dan makanan. Kekayaannya sebesar US$ 830 juta.

5. Abdul Rasyid

Pria pemalu dan bersahaja, namun di balik itu dia adalah  orang terkaya nomor 41 di Indonesia versi Forbes Desember 2017. Pengusaha besar dari Kalimantan ini pemilik Citra Borneo Indah Group. Kekayaannya saudagar muslim yang satu ini sebesar US$ 780 juta, lho.

6. Jusuf Kalla

Wakil Presiden Indonesia ini adalah pemilik Kalla Group. Kalla Group adalah industri dan jasa di bidang otomotif, konstruksi, energi,  pelestarian alam, dan transportasi dan logistik. Kekayaan Jusuf Kalla sebesar US$750 juta.

7. Hutomo Mandala Putra

Lebih dikenal dengan Tomy Suharto, putra mantan presiden Alm. Soeharto ini merupakan pemilik PT Humpuss. Kekayaan Hutomo senilai US$ 655 juta.

8. Amirsjah Risjad

PT Risjadson ini mengarah ke dua bidang utama yaitu agribisnis dan energi. Kekayaan Amirsjah nilainya US$ 515 juta.

9. Arifini Panigoro

Ladang bisnis utama dari saudagar muslim yang satu ini adalah minyak di Libya. Selain itu, Arifin memiliki saham di pertanian dan jasa. Kekayaannya sebesar US$475 juta.

Itulah 9 saudagar muslim terkaya di Indonesia. Semoga semakin menginspirasi Anda untuk berjuang menggeluti usaha. Mari bangkit dan semangat untuk memajukan ekonomi umat Islam yang lebih baik.

Nah, jangan hanya menyimpan informasi ini untuk diri sendiri. Share ke teman dan kerabat juga ya.

Post a Comment