Back

Apps yang Perlu Muslim Kenal

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang berkembang pesat berdampak secara signifikan pada gaya hidup masyarakat, tidak terkecuali umat muslim. Pengembang dari berbagai belahan dunia seakan berlomba membuat aplikasi yang memikat pengguna gawai hingga semakin betah berlama-lama dengan gawainya.

Hingga saat ini sudah banyak apps Muslim yang dibuat untuk menunjang atau menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas ibadah. Nah, artikel ini akan mengulas beberapa aplikasi atau mobile apps yang bermanfaat untuk menunjang kegiatan beribadah umat Islam. Berikut adalah penelusuran salamberkah.com atas beberapa Apps  yang perlu Muslim Kenal :

1. Apps muslim berikut akan Hafidz Lite

Banyak umat muslim yang sangat ingin menambah hapalan AlQur’annya tetapi kesulitan untuk bisa konsisten dalam menghafal. Aplikasi Hafidz Lite membantu penggunanya lebih fokus dan terarah dalam menghapal Al-Quran.

Banyak fitur menarik dalam aplikasi ini. Pengguna dapat memilih jenis program beserta target hapalan, termasuk jadwal latihannya, sehingga lebih efektif..

Jika ingin memahami ayat per ayat, ada fitur penerjemahan per kata. Qori-nya pun bisa dipilih sesuai selera, baik itu tingkat nasional maupun internasional. Hafidz lite bisa digunakan oleh pengguna dewasa maupun anak-anak.

2. Qur’an Memorization

Setiap individu memiliki caranya sendiri dalam belajar atau menghafal. Bagi umat muslim yang lebih suka menghafal Qur’an dengan metode pengulangan, maka aplikasi Qur’an Memorization patut dicoba. Cara pengoperasiannya relatif mudah dengan menggunakan dasar teks Qur’an Utsmani.

3. Hafiz Hafizah

Aplikasi ini hadir dengan sistem operasi dan tampilan yang memudahkan anak-anak ketika menggunakannya. Memiliki fitur murotal 30 juz Al-Qur’an dan dilengkapi dengan asmaul husna, doa harian, serta kisah teladan para nabi, aplikasi ini sangat membantu orang tua yang ingin mulai menanamkan kecintaan pada Alquran dan menghafalnya sejak usia dini.

4. Sahih Al Bukhari (Indonesia)

Selain menghafal Alquran, hadis-hadis Rasulullah juga memiliki banyak keutamaan. Saat ini telah banyak dirilis apps muslim yang memuat hadis-hadis pilihan untuk dapat dipelajari dengan lebih mudah kapan pun dan di mana pun.

Sahih Al Bukhari berisi semua hadis yang ada pada kitab sahih Bukhari, dilengkapi transliterasi dalam bahasa Indonesia.

5. Ensiklopedi Hadist 9 Imam

Aplikasi ini  wajib dimiliki karena berisi lebih dari 62 ribu hadis hingga dapat dikatakan terlengkap. Tidak perlu khawatir dengan kesahihannya karena aplikasi ini juga memuat derajat kesahihan masing-masing hadis yang diriwayatkan. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pencarian untuk memunculkan informasi yang dibutuhkan secara cepat.

6. Zabibah Lite

Untuk yang sering bepergian ke negara-negara berpenduduk mayoritas bukan beragama Islam. Aplikasi ini mempermudah penggunanya dalam mencari restoran halal, masjid terdekat, serta berbagai informasi lain yang dibutuhkan umat muslim ketika melakukan perjalanan. Anda dapat menggunakannya ketika bepergian ke negara- negara di Amerika Utara, Eropa, Australia, Hongkong dan banyak tempat lainnya.

7. Muslim Mate

Muslim mate merupakan juga merupakan apps muslim andalan ketika pergi ke luar negeri. Fitur-fiturnya cukup lengkap, dari mulai arah kiblat, mencari penginapan, menemukan tempat makan halal, hingga fitur untuk membaca AlQuran. Keunggulan lainnya adalah dapat digunakan untuk memperoleh informasi tempat-tempat bernuansa islami seperti museum, toko cendera mata, dan lain sebagainya.

Itulah tadi beberapa yang terbaik dari sekian banyak apps yang perlu umat muslim ketahui. Segala sesuatu hendaknya dapat menjadi sarana untuk meningkatkan intensitas dan kualitas ibadah pada Allah, termasuk kemajuan teknologi. Semoga ulasan ini bermanfaat dan selamat mencoba aplikasi-aplikasinya.  Share ya artikel ini semoga makin banyak yang tahu berkat bantuan jari jari kamu

Post a Comment