Back

Bisnis Halal Di Negeri Thailand

Bisnis halal di Thailand bukan hal yang baru. Meskipun hanya memiliki sekitar 10% populasi muslim, tetapi bisnis halal khususnya produk makanan telah menjadi salah satu prioritas ekonomi mereka. Tim Salamberkah.com terkejut luar biasa ternyata Tidak main-main, Negeri Gajah Putih ini berhasil menempati posisi 9 untuk ekspor makanan halal. Thailand bahkan telah menginisiasi kerja sama dengan berbagai negara untuk mengembangkan industri makanan halal.

Potensi Bisnis Halal Sangat Menjanjikan

Thailand tampaknya sangat menyadari bahwa bisnis halal memiliki potensi yang sangat menjanjikan. Pasar produk halal begitu besar, tidak hanya di negara-negara mayoritas Muslim, tetapi juga di seluruh dunia. Buktinya, komunitas-komunitas muslim di seluruh dunia selalu mencari produk-produk halal untuk dikonsumsi, termasuk saat mereka sedang berada di luar negeri untuk belajar, bekerja, atau jalan-jalan. Karena itu, Thailand berusaha keras menggarap potensi ini dengan terus mengembangkan produk-produk makanan halal.

Baru-baru ini, tepatnya pada 30 November hingga 3 Desember 2017, Thailand menggelar Thailand Halal Assembly di Bangkok. Pameran bertema “Halal Wisdom: Convergence of Science, Technology and Islamic Arts” ini diikuti oleh sejumlah negara ASEAN termasuk Indonesia. Pameran ini tidak hanya bertujuan mendorong potensi bisnis halal di Thailand, tetapi juga memperkenalkan aneka produk makanan dan minuman halal, produk perbankan syariah, industri pariwisata yang islami, serta berbagai produk barang dan jasa berkonsep islami dari negara-negara ASEAN.

Inisiatif Thailand dalam menggelar acara ini patut diikuti oleh Indonesia. Pameran ini membuka banyak kontrak kerja sama dagang antarpemerintah dan sektor usaha dari berbagai negara yang terlibat. Dari Thailand Halal Assembly terlihat komitmen besar Thailand yang ingin mendorong berkembangnya industri halal, termasuk berbagai riset ilmiah yang mendukung. Perlu diketahui, Thailand kini telah mengukuhkan komitmennya sebagai hub halal industry di kawasan Asia Tenggara. Menarik, bukan?

Mendorong Kerja Sama Bisnis Halal dengan Berbagai Negara

Sekalipun bukan negara dengan mayoritas muslim, Thailand menyadari bahwa mendorong bisnis halal dan bekerja sama dengan banyak pihak sangat penting. Thailand juga bekerja sama dengan Jepang dan Brunei Darussalam untuk mengembangkan bisnis halal di masing-masing negara. Thailand telah menandatangani MoU dengan Japan Halal Development and Promotion untuk mendorong investasi di industri halal kedua negara. Sementara dengan Brunei, kedua negara telah membangun komitmen untuk meningkatkan kerja sama di bidang industri makanan halal.

Bagaimana dengan Indonesia? Sebagai negara dengan mayoritas muslim, Indonesia sudah seharusnya turut mengembangkan potensi bisnis halal. Indonesia bisa belajar tentang seluk beluk bisnis halal di Thailand, mengingat pencapaian yang diraih negara tersebut. Thailand menunjukkan keunggulannya dari segi teknologi mengemas produk agar lebih menarik, strategi meningkatkan promosi, serta strategi memperluas potensi pasar bagi produk-produk halal agar lebih diterima di negara-negara lain. Menjadikan ini sebagai tantangan tentu akan mendorong UKM dan perekonomian nasional. Berani mencoba?

Yuk sharing artikel Bisnis Halal di Negeri Thailand ini semoga makin banyak yang tahu, saudara saudara kita di Thailand sudah siap menyedikan barang halal dan festival makanan Thai Halal lainnya di social media kamu.

Post a Comment