Back

Komuniats Bisnis Muslim yang Perlu Kita Kenal

Selalu ingin para pengusaha  maju dengan tetap saling behubungan dengan saling sharing. Nah kita coba cari tahu yuk,  Komunitas bisnis ini apa saja.    Pernahkah Anda mendengar tentang komunitas bisnis muslim? Komunitas tersebut merupakan tempat berkumpulnya para pengusaha muslim. Tak sekadar perkumpulan biasa, anggota yang tergabung akan mendapatkan banyak keuntungan dan manfaat.

Seiring dengan meningkatnya angka wirausahawan di Indonesia, banyak berdiri komunitas yang menjadi wadah bagi pengusaha untuk berbagi informasi, pengalaman, dan pengetahuan mengenai dunia bisnis.

Sebagai seorang pengusaha, ada kalanya Anda akan mengalami kesulitan dalam mengelola bisnis. Jika sudah begitu, Anda membutuhkan masukan dari orang yang jauh lebih berpengalaman. Di sinilah fungsi sebuah komunitas dibutuhkan untuk mengembangkan potensi bisnis Anda.

Adapun beberapa komunitas bisnis muslim yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut.

1. Jaringan Pengusaha Muslim Indonesia (JPMI)

Organisasi yang didirikan pada 15 Oktober 2011 ini memiliki misi memberikan pengetahuan tentang bisnis syariah, bagaimana cara memperluas jaringan, dan pentingnya etika islami dalam berbisnis.

Tak hanya itu saja, anggota akan dibimbing menjadi seorang pengusaha yang profesional, berjiwa entrepreneurship, dan berakhlak mulia. JPMI juga memfasilitasi anggotanya untuk menjalin sinergi dengan pihak terkait dalam dunia bisnis.

2. Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI)

Sebelum resmi dibentuk pada tahun 2010, komunitas bisnis muslim yang berlokasi di Bogor, Jawa Barat ini lebih dulu diawali dengan pembuatan milis di tahun 2005. Milis tersebut menjadi sarana bagi pengusaha muslim untuk berbagi informasi sekaligus mendalami ajaran agama Islam. Khususnya tentang akidah dan tata cara bermuamalah yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah.

KPMI didirikan bukan sekadar untuk menambah wawasan mengenai bisnis, melainkan juga sebagai wadah untuk menyebarluaskan ilmu pada kaum muslim agar selamat dunia dan akhirat. KPMI ada, untuk mendorong semangat dan meningkatkan kualitas pengusaha muslim sehingga dapat bersaing di kancah perekonomian global.

3. Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI)

HIPMI merupakan salah satu komunitas bisnis tertua di Indonesia, didirikan pada 10 Juni 1972. Tujuannya untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan mencetak pengusaha muda Indonesia. Maklum saja, kala itu, hanya segelintir orang yang berani menjadi seorang pengusaha. Hingga puluhan tahun berlalu, HIPMI terus berperan aktif dalam mencetak pengusaha muda berkualitas jempolan.

4. Global Entrepreneur Profesional (Genpro)

Komunitas ini bertujuan melahirkan entrepreneur muslim guna memperkuat pilar perekonomian bangsa. Genpro merupakan wadah siapa saja yang siap terjun dalam dunia bisnis. Setiap anggota akan dibekali ilmu agama dan diberi pandangan bahwa bisnis bukan hanya mencari keuntungan semata, melainkan juga sebagai sarana ibadah dan dakwah.

5. Tangan di Atas (TDA)

Sejak didirikan pada Januari 2006 silam, TDA telah tersebar di sejumlah daerah di Indonesia. Nama TDA sendiri merupakan intisari dari ajaran Islam, ‘tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah’.

TDA memiliki visi membentuk calon pengusaha yang kuat mental, berjiwa entrepreneur, amanah, adil, dan berperan aktif dalam masyarakat. Komunitas ini membimbing setiap anggotanya agar tetap konsisten, berpikir positif, kreatif, dan persisten. Tujuannya, menjaga keseimbangan antara kehidupan dunia, sosial, dan spiritual.

Itulah beberapa komunitas bisnis yang perlu Anda ketahui. Dengan bergabung dalam komunitas bisnis muslim, Anda tidak hanya mendapatkan banyak ilmu, tetapi juga berkesempatan untuk memperluas tali silaturahmi dan jaringan bisnis. Komunitas bisnis merupakan pilihan terbaik bagi Anda yang tertarik untuk melebarkan sayap dan meningkatkan kemampuan wirausaha.   Jika ingin tahu banyak tentang mereka silahkan Azzamkan bahwa kita akan bersama mereka. Ayo bantu share agar artikel ini bisa dibaca oleh banyak pihak. Salam Berkah buat anda semua.

Post a Comment