Back

Mengenal Bisnis Halal Di Indonesia

Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbanyak, menjadi pangsa pasar bisnis halal yang dilirik banyak pihak dan membuka peluang sebesar-besarnya bagi Anda sebagai pelaku bisnis untuk terlibat di dalamnya. Nah, sebelum Anda terjun langsung pada bisnis halal, mari mengenal bisnis halal di Indonesia yang lagi tren saat ini.

Bisnis Kuliner Halal

Bisnis kuliner memang paling laris saat bulan puasa, karena didukung faktor beli masyarakat yang meningkat drastis untuk memenuhi kebutuhan. Namun, di luar bulan puasa pun, Anda tetap bisa mencoba membuka bisnis kuliner halal dengan memberikan beberapa ciri khas. Masakan khas daerah tertentu, penyajian yang berbeda dan unik, juga pelayanan ala anak muda yang mengikuti tren bisa menjadi senjata ampuh untuk usaha baru Anda dalam bidang kuliner. Terlebih, di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam, dengan mengusung tema halal sebagai fondasi bisnis, tentunya konsumen lebih tertarik dan ingin mencobanya secara langsung.

Bisnis Wisata Halal

Bagi pasangan yang telah berkeluarga, memilih tempat wisata sebagai tujuan liburan sering kali sulit ditentukan. Bahkan, dapat memunculkan perdebatan antara Anda dengan pasangan. Tempat wisata yang sumpek dan sesak tentu tidak menjadi pilihan. Apalagi jika tempat wisata tersebut dipenuhi oleh remaja yang sibuk berpacaran, tentu tidak cocok menjadi tontonan anak-anak.

Melihat problematik semacam ini, Anda dapat memulai bisnis dengan menyediakan tempat liburan yang mengusung tema wisata halal. Tempat wisata seperti ini mengedepankan nilai-nilai Islam, mulai dari makanan yang dijual, akses ke tempat ibadah yang mudah, dan atraksi menarik tanpa ada unsur yang berlawanan dengan nilai-nilai Islam.

Penginapan Syariah

Hotel syariah beberapa tahun terakhir cukup mendominasi pangsa pasar penginapan. Para pengusaha mencoba memenuhi permintaan dan kebutuhan masyarakat Indonesia yang dominan muslim untuk mendapatkan pelayanan sesuai dengan ajaran Islam. Saat akan bepergian dan menginap di hotel, selain mempertimbangkan kualitas, Anda juga memperhatikan tema yang diusung oleh hotel tersebut.

Berbeda dengan hotel pada umumnya, setiap pengunjung yang ingin menginap di hotel Syariah harus menunjukkan buku nikah jika datang berpasangan. Makanan yang disediakan pun sudah memenuhi standar halal, dan suasana yang dibangunkan tidak akan membuat Anda risi melihat tingkah pengunjung lain.

Jual Beli Online

Usaha jual beli online sekarang ini menjadi tren tersendiri bagi pelaku yang ingin memulai bisnis. Tanpa memerlukan biaya yang besar untuk sewa tempat usaha, Anda sudah dapat menjalan bisnis yang mendatangkan untung besar. Hanya cukup kejelian dan teknik pemasaran yang tepat di dunia maya dalam mempromosikan barang, maka Anda sudah menjadi seorang pelaku bisnis.

Agar bisnis Anda tidak keluar dari jalur halal, Anda dapat menyeleksi produk-produk yang mau dijual, dengan memilih barang-barang bernuansa islami, seperti gamis, peralatan salat, baju-baju muslim, dan aneka jilbab.

Nah, setelah Anda mengenal bisnis halal di Indonesia yang lagi sedang tren tersebut, sudah selayaknya Anda memanfaatkan peluang dan potensi yang ada. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini ke teman-teman Anda!

Post a Comment