Back

Mengenal FinTech Lebih Jauh

Kemajuan teknologi tidak bisa dimungkiri menjadi faktor penentu munculnya inovasi baru dalam berbagai bidang kehidupan. Fintech merupakan salah satu bukti lahirnya alternatif di bidang keuangan. Fintech singkatan dari Financial Technology yang merupakan terobosan layanan keuangan dengan menggunakan basis teknologi yang dapat diakses di mana saja.

Perkembangan Fintech di Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata. Banyak startup yang muncul dan menyokong sistem keuangan ini agar dapat dinikmati oleh masyarakat luas, khususnya kelompok-kelompok masyarakat yang tidak tersentuh atau sulit mengakses layanan bank. Tidak bisa ditutupi lagi, bahwa mendapatkan pinjaman bank sebagai modal usaha sangatlah sulit, terutama para pelaku usaha mikro, menengah, dan kecil.

Hal yang dapat dikategorikan sebagai Fintech di antaranya jual beli sahan, pembayaran, transfer, peminjaman uang secara peer to peer, dan investasi. Nah, apa Anda sudah tertarik dengan Fintech? Sebelum itu mari mengenal fintech lebih jauh.

Kecepatan Layanan

Fintech yang mengandalkan internet sebagai basis, menjadikannya lebih maju beberapa langkah dari institusi keuangan konvensional dalam hal layanan. Tidak akan ada antrean, tidak perlu tatap muka, dan tidak membutuhkan proses yang berbelit-belit.

Saat ingin meminjam uang, Anda hanya perlu mengisi formulir di kolom yang disediakan dan mengunggah syarat-syarat yang diminta berupa data diri yang valid. Tanpa memerlukan waktu yang lama, hasil pengajuan Anda akan keluar yang memberitahukan apakah peminjaman diterima atau ditolak.

Fleksibel

Ketika Anda mengajukan peminjaman ke lembaga keuangan konvensional, selain syarat-syarat yang banyak, tentu jumlah pinjaman juga dibatasi. Peminjaman dengan jumlah kecil atau di bawah standar minimum sering kali ditolak dengan berbagai alasan. Fintech yang memiliki produk peer to peer lending dapat mewujudkan semua hal yang tidak bisa diwujudkan oleh lembaga keuangan konvensional. Dengan demikian, UKM-UKM yang tidak memiliki banyak dana dapat melanjutkan usaha dengan persyaratan pinjaman modal yang relatif simpel dan tidak memberatkan.

Pencarian Dana Yang Cepat

Jika proses peminjaman diterima, pencarian dana tidak membutuhkan waktu berhari-hari layaknya lembaga keuangan konvensional. Setelah konsumen mendapat konfirmasi balik terhadap peminjaman, maka mereka dapat langsung menarik dana sejumlah yang telah disepakati.

Jangkauan Yang Luas

Tidak peduli di mana pun Anda berada, layanan Fintech tetap bisa diakses asalkan koneksi internet memadai. Anda tetap bisa melakukan peminjaman uang, membayar tagihan, dan berinvestasi sambil duduk manis di rumah.

Transparan                                                                             

Kejelasan dalam sebuah transaksi sangatlah penting. Fintech yang mengusung transparansi dalam segala transaksi dari setiap layanan, membuat konsumen menjadi percaya dan melihat secara langsung proses yang terjadi. Tidak ada satu pun syarat-syarat yang ditutupi .

Fintech Dalam Ekonomi Islam

Fintech dalam Islam sesuai dengan mazhab Hanafi yang memperbolehkan adanya jual beli atau peminjaman tanpa akad. Selain itu, adanya Fintech juga mempermudah pelaku bisnis muslim dalam masalah finansial. Asal sesuai etika Islam, yaitu kejujuran dari kedua belah pihak, adil, amanah dalam menjaga kepercayaan, dan ihsan. Sekalipun tidak bertatap muka, asal keempat unsur tersebut diterapkan, maka Fintech sudah sesuai dengan ajaran Islam dalam berbisnis.

 

Jadi, apa Anda sudah paham mengenai Fintech? Ayo manfaatkan keberadaan mereka sebagai salah satu solusi finansial Anda. Jangan lupa bagikan jika artikel ini dirasa bermanfaat.

Post a Comment