Back

Pebisnis Muslim Andal yang Terkenal di Seluruh Dunia

Bisnis adalah bagian yang tidak bisa dilepaskan dari sejarah agama Islam. Sebagai panutan seluruh umat muslim, Nabi Muhammad saw. pun sudah menggeluti dunia bisnis sejak kecil. Maka dari itu, wajar saja jika saat ini banyak umat muslim yang ikut terjun ke dunia bisnis, mulai dari merintis usaha kecil-kecilan sampai bisnis yang menghasilkan banyak keuntungan.

Di dunia bisnis ini tidak sedikit umat muslim menjadi orang-orang terkaya di dunia. Tim Salamberkah.com mengumpulkan informasi mengenai beberapa pebisnis muslim andal, yang bisa dijadikan panutan bagi para umat muslim untuk mengembangkan bisnisnya.

1. Aliko Dangote dari Nigeria

Aliko Dangote adalah seorang muslim dari Nigeria yang sukses menjajal dunia bisnis. Nigeria mungkin terdengar seperti negara yang miskin di Afrika. Namun, negara tersebut mampu mencetak pebisnis muslim andal yang menjadi miliarder. Aliko Dangote memiliki perusahaan yang bernama Dangote Group. Perusahaan ini bergerak di bidang komoditi dan kini beroperasi di beberapa negara seperti Ghana, Afrika Selatan, Tanzania, Togo, Benin, dan Kamerun. Total kekayaannya mencapai 18,3 miliar dolar. 

2. Azim Premji dari India

India terkenal sebagai negara berkembang dengan penduduk terbanyak kedua setelah Tiongkok. Meskipun statusnya negara berkembang, India telah mencetak beberapa pebisnis andal di dunia. Salah satunya adalah pebisnis muslim, Azim Premji. Azim seorang lulusan Stanford University yang menjelma menjadi pebisnis yang disegani.

Ia adalah pemimpin perusahaan Wipro Limited yang bergerak di bidang IT. Di bawah kepemimpinannya, perusahaan ini kini mampu menghasilkan laba sebesar 7 miliar dolar. Forbes menyatakan bahwa total kekayaan Azim Premji bisa mencapai 17,5 miliar dolar. Majalah Time juga memasukkan namanya ke daftar 100 pria paling berpengaruh sepanjang zaman.

3. Mohammed Al Amoudi dari Arab Saudi

Mohammed Al Amoudi adalah seorang saudagar dan pebisnis muslim andal yang sangat terkenal di Arab Saudi. Tercatat oleh Forbes, total kekayaannya bisa mencapai 13 miliar dolar. Pebisnis muslim keturunan Arab dan Etiopia ini mengawali kariernya di perusahaan yang mengelola bidang konstruksi dan real estate. Dengan pengalaman yang ia miliki, ia mengembangkan bisnisnya ke sektor kilang minyak di Swedia dan Maroko. Ia juga berinvestasi di bidang perminyakan dan emas.

4. Iskander Mukhmodov dari Rusia

Iskander Mukhmodov adalah contoh lain pebisnis muslim andal. Meskipun lahir dan besar di Rusia, Iskander Mukhmodov adalah seorang muslim keturunan Uzbekistan. Ia menapaki karier di perusahaan Trans-World Group, perusahaan perdagangan metal terbesar di Rusia.

Di tahun 1991 sampai 1996, ia menjabat sebagai direktur bidang marketing dan CEO di JSC Alice dan Meta Service. Saat ini, Iskander Mukhmodov memiliki perusahaan UGMK Holding yang merupakan perusahaan nonmetalurgi. Perusahaan ini kini merupakan produsen tembaga terbesar di Rusia. Dengan mengembangkan bisnisnya, total kekayaannya mencapai 8,2 miliar dolar.

Bisnis para umat muslim akan semakin berkembang di masa depan. Menurut Forbes, majalah ternama di dunia, saat ini tercatat ada 1.826 milarder di dunia, dan 112 dari jumlah tersebut adalah umat muslim. Tidak heran jika jumlah ini akan semakin bertambah, dan siapa tahu Anda bisa menjadi salah satu pebisnis muslim yang sukses jika Anda selalu bekerja keras.

Yuk share artikel ini agar semakin banyak orang yang tahu prestasi dan kehebatan umat Islam.

Post a Comment