Back

5 Komunitas Penebar Kebaikan yang Baik Diikuti

Sejatinya manusia adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain. Ketika beberapa orang memiliki kesamaan minat, tujuan, dan harapan, maka mereka pun berkumpul dan berinteraksi bersama dalam sebuah komunitas.

Di Indonesia banyak sekali komunitas yang muncul dengan beragam latar belakang dan tujuan. Beberapa di antaranya adalah komunitas penebar kebaikan yang bisa menginspirasi khalayak umum untuk bergabung dan terdorong melakukan hal serupa.

Komunitas penebar kebaikan tersebut berfokus pada hal-hal kecil yang sesungguhnya menjadi dasar dari hal-hal yang lebih kompleks. Padahal, hal-hal kecil itu justru berperan vital dalam kehidupan sehari-hari. Melalui gerakan dan aktivitas masing-masing komunitas, diharapkan masyarakat sadar bahwa satu tindakan bisa mengubah banyak hal, hanya dengan memulainya dari diri sendiri dan keluarga.

Mari simak penelusuran salamberkah.com atas  5 komunitas penebar kebaikan yang baik diikuti.

1. Yayasan Senyum Kita

yang bergerak dalam bidang pendidikan dan pemberdayaan pemuda di Sleman, Yogyakarta. Penggiat komunitas ini adalah kaum muda yang bertujuan memperbaiki kualitas pendidikan anak, terutama bagi anak yang terlahir dalam kondisi keluarga kurang mampu, seperti anak yatim maupun kaum duafa.

Senyum Kita saat ini telah membantu lebih dari 20 panti asuhan di Yogyakarta dan mewujudkan impian sekitar 1.000 anak yatim/duafa untuk memperoleh pendidikan yang lebih baik.

2. Safe Kids Indonesia

berfokus pada isu keselamatan anak dan keluarga. Berawal dari keprihatinan terhadap abainya orang tua pada keselamatan diri dan anak saat berkendara, komunitas ini didirikan agar orang tua dapat mengetahui bahaya dan resiko apa saja yang mungkin terjadi saat berkendara.

Anggota komunitas ini berasal dari beragam profesi, seperti dokter, psikolog, dan instruktur berkendara. Target utama komunitas ini adalah orang tua, guru, pengasuh, dan tentu saja anak.   

3. Ayo Dongeng Indonesia

berfokus pada kampanye pentingnya kegiatan mendongeng untuk anak di Indonesia. Mendongeng dianggap sebagai cara yang tepat untuk berbagi pengalaman dan cerita tentang keceriaan, motivasi, inspirasi, dan imajinasi kepada siapapun yang mendengarnya, terutama anak-anak. Saat ini komunitas Ayo Dongeng Indonesia memiliki 30 Relawan Mendongeng di wilayah Jabodetabek yang dapat mendongeng secara gratis untuk acara-acara anak.

4. Komunitas Bisnis Tangan Di Atas

merupakan komunitas wirausaha terbesar di Indonesia yang bertujuan membentuk pengusaha tangguh dan mampu berkontribusi positif kepada masyarakat luas.

Para anggota komunitas ini diajak untuk tak hanya fokus pada profit saat berbisnis, tetapi justru pada pengembangan karakter dan spiritualitas diri yang membentuk mental tangguh seorang pebisnis. Hingga kini, komunitas ini telah memiliki 20.000 orang anggota yang tersebar di 20 wilayah Indonesia.

5. Gerakan Mukena Bersih

merupakan komunitas berbasis relawan yang berusaha menerapkan nilai Islam yang paling mendasar, yakni kebersihan. Tujuannya jelas, yakni memastikan tersedianya mukena bersih di musala dan masjid. Relawan bertugas mencuci mukena tersebut secara berkala agar mukena itu tetap bersih dan harum, sehingga nyaman dipakai siapapun. Kini jumlah relawan sudah mencapai 1.000 orang dan donaturnya tersebar di 73 kota seluruh Indonesia.

Itulah 5 komunitas penebar kebaikan yang baik diikuti. Keberadaan komunitas tersebut membuktikan, tidak perlu melakukan hal besar untuk menginspirasi orang lain. Fokuslah pada hal kecil dan konsisten menjalaninya, sehingga perubahan itu terjadi perlahan tapi pasti. Tertarik untuk bergabung dengan salah satu komunitas di atas?

Post a Comment