Back

7 Hal yang Penting Dalam Membuat Komunitas

Mungkin kebanyakan orang akan beranggapan mudah dalam membentuk komunitas, karena anggotanya berangkat dari minat dan tujuan yang sama. Namun sebenarnya tidak sesederhana itu, karena Anda harus mengumpulkan orang-orang dari latar belakang yang beragam dengan pola pikir dan pandangan yang beragam pula. Bisa jadi meski minat dan tujuan sama, tetapi jika sudah menghadapi suatu masalah atau pengambilan keputusan, akan sangat amat sulit. Itu wajar saja, dan dialami oleh sebagian besar komunitas yang sudah ada.

Di sekitar kita banyak sekali komunitas yang sudah terbentuk, dari komunitas hobi, komunitas agama, komunitas pendidikan, komunitas sosial, komunitas lingkungan dan masih banyak lagi. Banyak komunitas yang bisa bertahan hingga bertahun-tahun, banyak pula yang hanya bertahan sebentar saja. Lalu inilah 7 hal penting dalam membentuk komunitas menurut versi salamberkah.com.

1. Menentukan Pemimpin

Keberadaan pemimpin sangat penting, karena akan berperan dalam pengambilan keputusan. Meskipun nanti terjadi masalah dan perbedaan pandangan serta pendapat, pemimpin harus mengambil keputusan yang tepat dan terbaik bagi semua anggotanya.

2. Menentukan Visi dan Misi yang Jelas

Tentu visi dan misi tidak asing di telinga kita, karena hampir setiap organisasi punya visi dan misi yang jelas. Visi adalah suatu pandangan ke depan yang hendak dicapai, sedangkan misi adalah pernyataan tentang apa yang harus dilakukan untuk mewujudkan visi. Maka dari itu, visi akan selalu diikuti misi, dan keduanya harus ditentukan terlebih dahulu.

3. Perencanaan yang Matang

Buatlah rencana kegiatan atau tujuan organisasi. Tanpa sebuah perencanaan, tidak akan ada pencapaian dan langkah menuju tujuan pun akan semakin sulit. Rencanakan kegiatan atau langkah apa saja dengan matang, tentunya dengan meminta pendapat kepada anggota.

4. Melibatkan Anggota

Libatkan anggota dalam segala kegiatan dan pengambilan keputusan. Anggota akan merasa dihargai dan dibutuhkan keberadaannya jika sering dilibatkan dalam diskusi atau kegiatan apa pun. Berbeda jika tidak dilibatkan, anggota akan merasa tidak dibutuhkan dan tidak nyaman. Mungkin mereka akan merasa sakit hati dan keluar.

5. Membuat Peraturan yang Disetujui Bersama

Peraturan dibuat agar orang-orang di dalam organisasi tetap pada jalurnya, yang nantinya akan berimbas pada tercapainya tujuan organisasi. Peraturan hendaknya disusun bersama anggota dan disetujui bersama karena kelak akan mengatur langkah mereka semua.

6. Terbuka dan Saling Menghargai

Khususnya bagi pemimpin harus menghargai anggotanya. Pemimpin tidak boleh otoriter dan memaksakan pendapatnya. Anggota pun harus menanamkan sikap saling menghargai dan terbuka, agar tidak terjadi saling curiga dan perselisihan.

7. Membangun Koordinasi yang Baik

Perlu dibangun koordinasi yang baik antara pemimpin dan anggota, pun antaranggota agar kegiatan-kegiatan yang sudah direncanakan dapat berjalan dengan baik. Koordinasi dilakukan agar tidak terjadi tindakan yang saling bertentangan dan simpang siur, karena koordinasi dapat mengatur organisasi untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan.

Tujuh hal penting di atas perlu diperhatikan agar komunitas yang akan dibentuk nantinya dapat bertahan lama dan tercapai semua tujuannya. Selain itu, bisa juga memberikan kemanfaatan khususnya kepada anggota dan umumnya pada orang lain di luar anggota.

Share juga artikel ini untuk berbagi manfaat kepada umat muslim lainnya.

Post a Comment