Back

9 Komunitas Halal yang Layak Untuk Disimak

Pentingnya status halal suatu produk bagi seorang muslim melatarbelakangi terbentuknya kelompok-kelompok masyarakat yang menamakan diri sebagai komunitas halal. Tujuan dibentuknya komunitas ini selain untuk mengawasi kehalalan produk-produk yang beredar, juga untuk memberikan informasi, edukasi, konsultasi, dan advokasi mengenai produk halal. Berikut penelusuran salamberkah.com terhadap  9 komunitas halal yang layak untuk Anda simak.

1. Halal Corner

Halal Corner didirikan di Bandung pada tanggal 4 Desember 2011 oleh Aisha Maharani, Imaduddin Indrissobir, dan Yusi Herawati. Awalnya Halal Corner hanya melakukan edukasi melalui twitter @halalcorner. Akan tetapi, saat ini kegiatannya telah berkembang, baik secara online maupun offline, di berbagai kota seperti Jakarta, Bogor, Batam, Aceh, Makassar, Banjarmasin, Banjarbaru, Yogyakarta, Surabaya, dan Malang.

2. Ikatan Mahasiswa Peduli Halal (IMAPELA)

IMAPELA adalah organisasi mahasiswa independen yang bergerak di bidang sosialisasi halal. Organisasi ini didirikan oleh Ariq Suryo Wicaksoni di Malang, Jawa Timur pada tanggal 13 Mei 2013. IMAPELA telah menyelenggarakan beberapa acara sebagai cara sosialisasi mereka, antara lain Halal Goes to School, Halal Goes to Campus, dan Halal Beauty Class.

3. Indonesia Halal Watch

Indonesia Halal Watch merupakan lembaga advokasi halal yang aktif melakukan advokasi bagi konsumen muslim dan mendampingi para produsen. Didirikan di Jakarta pada tanggal 23 Januari 2013, komunitas ini hingga saat ini terus mendorong dan mendampingi para produsen untuk melakukan sertifikasi halal.

4. My Halal Kitchen

Aktif sejak tahun 2012, My Halal Kitchen telah memiliki anggota lebih dari 18.000. Kegiatan komunitas ini tidak hanya seputar sosialisasi produk halal saja, melainkan juga mengadakan acara pelatihan pengolahan makanan yang halal.

5. Komunitas Aneka Kuliner Halal (AKU Halal)

AKU Halal didirikan pada 31 Juli 2013 di Malang, Jawa Timur, oleh Cony Septia. Komunitas ini beranggotakan para pedagang kuliner di Malang yang peduli dengan kehalalan makanan. Cita-cita utama komunitas AKU Halal adalah mewujudkan Malang sebagai kota wisata kuliner halal.

6. Komunitas Chef Peduli Halal

Komunitas halal yang satu ini beranggotakan para koki/chef. Sosialisasi yang mereka lakukan bukan hanya tentang bahan-bahan makanan yang halal, melainkan juga bagaimana cara distribusi dan mencari keuntungan yang sesuai syariat.

7. Bina Halal

Serupa dengan Halal Watch, Bina Halal juga memberikan layanan kepada para produsen yang ingin mengurus sertifikasi halal produk-produk mereka. Bertempat di Bogor, komunitas ini juga bersedia membantu produsen yang ingin mencari penyedia bahan baku halal.

8. Indonesia Halal Center

IHC merupakan komunitas yang dibentuk oleh Jaringan Pengusaha Muslim Indonesia. Komunitas yang bertempat di Pasar Minggu, Jakarta Selatan ini memiliki visi mulia, yaitu mencukupi kebutuhan muslim Indonesia dengan produk halalan thayyiban.

9. Komunitas Jajan Halal Indonesia

Jajan Halal merupakan komunitas pecinta kuliner halal yang memungkinkan Anda berbagi mengenai informasi kunliner halal melalui situs laman web mereka. Bagi yang penasaran atau ingin bergabung, Anda dapat mengunjungi laman jajanhalal.com.

Sebagai seorang muslim, kepastian status halal suatu produk memang sangatlah penting. Oleh sebab itu, bagi Anda yang membutuhkan informasi atau bantuan sertifikasi halal, dapat menghubungi salah satu komunitas halal di atas.  Share ya di sosial media kamu agar banyak yang tahu tentang komunitas halal disekitar kamu.

Post a Comment