Back

9 Manfaat Berperan Aktif di Komunitas Muslim

Pernahkah terlintas di pikiran Anda untuk bergabung dalam sebuah komunitas muslim? Barangkali Anda masih ragu tentang manfaat apa yang akan Anda dapatkan jika berperan aktif di komunitas tersebut. Sebenarnya bergabung dalam sebuah komunitas adalah salah satu cara bersilaturahmi. Islam sendiri sangat menganjurkan untuk bersilaturahmi dengan sesama muslim.  Salamberkah.com mencoba mengupas mental apa saja yang harus disiapkan ketika bersama Komunitas.

Beberapa komunitas muslim pun muncul untuk merangkul kaum muslimin yang sedang mencari teman atau keluarga yang juga punya tujuan yang sama. Kebanyakan dari mereka berharap, bergabung dalam sebuah komunitas akan menambah iman serta ketakwaannya kepada Allah SWT dan secara berjamaah mencari keridhaan Allah. Terkait dengan manfaat tersebut, inilah sembilan hal yang akan Anda dapatkan jika bergabung dalam komunitas muslim.

1. Dipanjangkan Umurnya

“Barang siapa yang ingin diluaskan rezekinya, dan dipanjangkan umurnya, hendaklah dia menyambungkan silaturahim.” (HR. Imam Bukhori & Muslim).

Maksud dari “memperpanjang umur” dalam konteks hadis di atas yakni bertambahnya keberkahan dalam usia Anda.

2. Dilapangkan Rezekinya

Dijelaskan pula dalam hadis di atas bahwa bersilaturahmi dapat melapangkan rezeki. Percayalah bahwa rezeki Allah akan datang dari arah yang tidak disangka-sangka.

3. Mendapat Keluarga Baru

Sesama muslim adalah saudara, maka harus saling menghormati dan menyayangi. Di komunitas, Anda akan mendapatkan keluarga baru yang nantinya akan mengajak Anda dalam kebaikan dan senantiasa mendekatkan diri pada Allah Swt.

4. Tempat Belajar

Tempat belajar tidak hanya di sekolah, kampus, pesantren dan lainnya. Dalam berkomunitas pun akan tercipta majelis tholabul ilmi. Anda dapat berbagi ilmu dan bertukar pikiran dengan anggota yang lain.

5. Berbagi Pengalaman

Di dalam komunitas, Anda akan bertemu dengan orang-orang baru dari latar belakang yang beragam. Anda dapat bertukar pengalaman hidup dengan mereka, karena pengalaman adalah guru terbaik.

6. Saling Mengingatkan

Akan ada yang mengingatkan jika Anda berbuat salah dan melampaui batas. Begitu pula sebaliknya. Anggota komunitas sudah selayaknya keluarga yang saling mengingatkan demi kebaikan bersama.

7. Saling Membantu

Salah satu yang menjadi ciri komunitas adalah saling membantu. Jika Anda sedang dalam kesulitan, teman dalam satu komunitas akan datang membantu mencari solusi dari kesulitan Anda.

8. Pengembangan Diri

Dalam berkomunitas Anda akan merasa lebih percaya diri. Anda tidak lagi merasa sendirian, karena Anda punya keluarga yang mempunyai tujuan yang sama. Di sini Anda akan berkembang menjadi pribadi yang lebih unggul, bertambah iman dan ketakwaan kepada Allah Swt.

9. Mempertebal Iman

Insyaallah dengan aktif di komunitas, Anda dapat mempertebal iman kepada Allah. Anda dapat saling mendukung dan berlomba-lomba dalam kebaikan. Biasanya dengan adanya teman yang berlomba dalam kebaikan, Anda akan terpacu untuk ikut berlomba pula.

“Sebaik-baik teman adalah yang mengingatkan kita kepada Tuhan. Lisannya menambah ilmu dan yang amalannya mengingatkan kita akan akhirat.” (HR. Ath Thabrani)

Dengan berperan aktif di komunitas muslim, Anda dapat bertemu teman terbaik yang akan mengingatkan Anda kepada Allah SWT. Banyak sekali manfaat yang akan didapat ketika Anda berperan aktif dalam komunitas, tentunya dengan orang-orang yang tepat, yang punya tujuan yang sama dengan Anda. Share ya berita Salamberkah.com supaya banyak yang tahu.

Post a Comment