Back

5 Film Holywood yang Sebaiknya Muslim Tahu

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menyebarkan agama Islam yang damai dan penuh cinta. Salah satunya adalah melalui film. Hollywood tercatat pernah membuat film tentang Islam dan di antaranya menampilkan sisi positif umat muslim yang selama ini salah dipahami.

Berikut adalah beberapa film Hollywood muslim yang sebaiknya Anda ketahui:

1. Journey to Mecca

Berlatar belakang tahun 1325, film ini menceritakan tentang perjalanan Ibn Battuta, seorang pelajar muslim yang berasal dari Maroko, ke tanah suci Mekah. Saat usianya baru menginjak 21 tahun, Ibn Battuta meninggalkan kampung halamannya untuk menunaikan ibadah haji. Dengan bermodal tekad dan seekor kuda, Ibn Battuta melakukan perjalanan ke Mekah selama 18 bulan dan mengalami berbagai  hambatan di tengah-tengah petualangannya. Film yang dirilis tahun 2009 dan disutradarai oleh Bruce Neibaur ini memenangkan penghargaan Most Popular Film oleh Le Géode Film Festival yang bertempat di Paris pada tahun yang sama.

2. Malcolm X

Film Hollywood muslim ini dibintangi oleh aktor kawakan Denzel Washington. Dirilis tahun 1992, film garapan Spike Lee ini berfokus pada kehidupan sosok Malcolm X, seorang aktivis keturunan Afro-Amerika. Film Malcolm X mengisahkan peristiwa penting yang terjadi dalam kehidupan sang aktivis, mulai dari tindakan kriminal yang pernah dilakukannya, masuk penjara, hingga akhirnya menemukan hidayah dan menjadi seorang mualaf. Film ini menunjukkan bahwa Islam bukanlah agama yang rasis dan Berkat akting apiknya dalam film ini, Denzel Washington berhasil menyabet piala MTV Movie & TV Awards untuk kategori Best Performance dan masuk nominasi sebagai Aktor Terbaik di Academy Awards serta Golden Globe Awards.

3. The Message

Walaupun dirilis tahun 1976, film yang juga dikenal dengan nama Mohammad, Messenger of God ini merupakan salah satu film tentang sejarah Islam terbaik yang pernah ada. Bercerita tentang perjalanan Nabi Muhammad SAW dalam menyebarkan agama Islam, film ini mengangkat cerita Nabi Muhammad SAW dari sudut pandang orang-orang terdekat. Tidak ditampilkan atau diperdengarkan suara sosok Nabi Muhammad SAW dalam film ini. Kehadiran Nabi Muhammad SAW hanya ditandai dengan alunan musik pengiring.

4. AmericanEast

AmericanEast merupakan film drama yang dirilis tahun 2008 yang bercerita tentang keluarga muslim yang membuka usaha sebuah kafe yang terkenal di kalangan orang Timur Tengah di Los Angeles. Film ini mengangkat kisah tentang kesalahpahaman budaya Arab dan Islam serta menceritakan hubungan antara masyarakat Arab dan Amerika dari tiga sudut pandang yang berbeda.

5. Lion of the Desert

Lion of the Desert menceritakan tentang perjuangan Omar Mukhtar, seorang pemimpin suku Badui, melawan penjajahan Italia atas Libya. Perjuangan ini membuatnya dianggap sebagai pahlawan nasional Libya dan simbol perjuangan di Arab dan Dunia Islam. Omar Mukhtar menunjukkan kebijaksanaannya dalam memimpin pergerakan perlawanannya. Sosoknya juga menampilkan citra seorang muslim yang taat. Omar Mukhtar berkata bahwa Islam melarang untuk membunuh tentara yang ditangkap dan Muslim diajarkan untuk membenci perang, bukan orang-orangnya. Film yang dirilis tahun 1981 ini mendapat sambutan baik dari kritikus maupun para penonton.

 

Adakah film Hollywood muslim di atas yang pernah Anda tonton? Kiranya beberapa film di atas bisa menjadi referensi bagi Anda untuk mengenal Islam lebih dalam lagi.

 

Jika artikel ini dirasa bermanfaat, jangan hanya simpan sendiri ya. Share juga ke rekan dan kerabat.

Post a Comment