Back

7 Aktivitas Menarik Selama Liburan Sambil Belajar Islam bersama Anak-Anak

Liburan sekolah tentunya menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak. Sebagai orang tua, kita pasti menginginkan yang terbaik untuk mereka termasuk memilih kegiatan pengisi liburan. Nah, agar liburan anak semakin berkesan sekaligus mengajarkan nilai-nilai islami, ada baiknya kita ajak mereka untuk menikmati serunya liburan Islam.

Berikut beberapa ide liburan Islam yang bisa Anda terapkan:

Liburan Islam di Rumah

1. Bermain Iqropolly atau Permainan Islami Lainnya

Iqropolly menantang pengetahuan anak seputar dasar-dasar agama Islam. Beberapa tantangan mencakup hafalan doa shalat, membaca doa-doa, nama-nama nabi, rasul, malaikat, dan masih banyak yang lainnya. Permainan yang dimainkan oleh 5 orang anak dan 1 fasilitator ini mengajarkan Islam kepada anak-anak dengan cara yang menyenangkan.

2. Nonton Film Anak Islami

Anak-anak bisa mengundang teman-teman mereka, tetangga, dan kerabat yang tinggal tak jauh dari rumah untuk menonton film. Melalui kegiatan ini, kita secara langsung mendidik anak-anak bagaimana menjadi tuan rumah yang baik. Contohnya, menjamu tamu dengan makanan dan minuman serta bertutur dan bersikap sopan kepada tamu yang diundang.

3. Dongeng Bersama

Bersama anak-anak, orang tua bisa memilih buku cerita anak Islami, seperti kisah para nabi dan tokoh-tokoh Islam yang legendaris. Setelah membaca buku, kita bisa mengadakan dongeng bersama yang melibatkan seluruh anggota keluarga. Agar aktivitas ini terasa lebih menyenangkan, kita bisa memakai aksesoris dengan menggunakan benda-benda yang mudah ditemui di rumah dan membuat kostum dengan cara memodifikasi baju yang ada.  Mendokumentasikan kegiatan mendongeng dalam bentuk video juga akan menambah keseruan liburan.

Liburan Islam di Luar Rumah

4. Berkunjung ke Berbagai Masjid

Anak-anak kita ajak shalat lima waktu di lima masjid yang berbeda. Selain mengajarkan kepada anak-anak bahwa ibadah shalat itu wajib, menjalankan shalat di masjid juga dianjurkan. Anak-anak juga akan mengenal indahnya arsitektur serta bacaan imam masjid yang tentunya berbeda di masjid satu dengan yang lainnya.

5. Mengikuti Pesantren Liburan

Beberapa pesantren mengadakan program pesantren kilat selama liburan sekolah. Apabila anak-anak setuju dengan ide ini, kita wajib mendukung. Di samping menambah ilmu agama Islam, anak-anak kita juga akan memiliki teman-teman baru, saudara baru sesama muslim.

6. Berbagi

Islam mengajarkan agar umatnya saling tolong menolong. Anak-anak dimotivasi untuk berbagi barang yang mereka punya kepada anak-anak yang lain yang membutuhkan. Buku, mainan, dan baju bekas yang masih layak pakai bisa menjadi barang yang berguna untuk disumbangkan. Sumbangan bisa disalurkan langsung kepada panti asuhan terdekat atau melalui komunitas penyalur bantuan.

7. Silaturahmi

Kegiatan silaturahmi juga dianjurkan dalam Islam. Sejak dini, sesering mungkin kita ajak anak-anak mengunjungi saudara atau teman yang sudah lama tidak bertemu. Momen liburan adalah waktu yang pas untuk mewujudkan kegiatan silaturahmi ini. Anak-anak diperkenalkan dengan saudara yang mungkin belum pernah mereka jumpai. Mereka juga mendapatkan pengalaman melalui perjalanan dan kunjungan di tempat yang baru.

 

Liburan yang mengusung tema islami semacam ini hendaknya terus dilakukan dengan memperbarui kegiatan agar selalu menarik dan menyenangkan. Dengan aktivitas yang diulang-ulang, diharapkan kebiasaan baik akan terbentuk pada diri anak kita. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat.

Post a Comment