Back

7 Artis Muslim Dunia yang Perlu Diketahui

Kehidupan artis memang menarik. Kehidupan personal mereka seperti tempat dan tanggal lahir, status pernikahan, pasangan terkini, hingga hal yang lebih rinci seperti pandangan politik, suku, dan agama kerap menjadi pertanyaan dan selalu di KEPO in para penggemar, haters dan lainnya.

Salamberkah.com mencoba mengenal ternyata banyak artis di dunia yang beragama Islam dan mungkin tidak diketahui oleh banyak orang. Ada yang dibesarkan di keluarga muslim dan ada yang seorang mualaf. Yuk, cari tahu siapa saja 7 artis muslim dunia tersebut!

1. Zayn Malik

Mantan personil One Direction ini adalah salah seorang muslim ternama di era musik pop terkini. Zayn sempat menghebohkan media sosial Twitter karena menulis kalimat syahadat. Meski aksinya menuai pro dan kontra, pria berdarah Pakistan-Inggris ini menuai pujian karena dianggap berani memperlihatkan keislamannya di tengah anggapan dunia barat yang diskriminatif terhadap muslim.

2. Janet Jackson

Si bungsu dari keluarga Jackson ini pernah menjadi ikon budaya pop selama beberapa dekade. Ia telah menjual lebih dari 160 juta rekaman dan memenangkan lima penghargaan Grammy.

Meski tidak dibesarkan dari keluarga muslim, pada tahun 2015, Janet memilih untuk memeluk agama Islam, beberapa tahun setelah menikahi jutawan muslim bernama Wissam Al Mana. Ia juga mulai mengurangi memakai pakaian terbuka.

3. Cat Stevens

Penyanyi dunia yang memiliki nama asli Steven Demetre Georgiou ini mengubah namanya menjadi Yusuf Islam saat menjadi mualaf. Keputusannya pindah agama berasal saat ia mendapatkan hadiah Alquran dari saudaranya.

“Saudaraku yang memberikanku Alquran. Aku berkunjung ke masjid. Di sana, suasananya ramai, tapi tetap memberikan ketenangan. Aku pun menjadi penasaran. Akhirnya aku menemukan keindahannya,” kata Yusuf.

4. Bella Hadid

Supermodel berdarah Palestina-Belanda berbicara tentang keyakinan yang dianutnya kepada majalah Porter. Ia juga menceritakan tentang ayahnya yang merupakan seorang pengungsi.

“Dia seorang yang religius dan selalu mengajak kami salat bersama. Saya bangga menjadi seorang muslim,” ujar Bella. Bersama saudara perempuannya, Gigi Hadid, Bella pernah berunjuk rasa untuk menentang kebijakan anti-imigran Donald Trump pada Maret 2017 lalu di New York.

5. Mahershala Ali

Aktor yang terkenal di film “Hidden Figures” dan “House of Cards” ini menentang kebijakan Trump yang melarang para imigran dan pengungsi dari 7 negara mayoritas muslim untuk bisa masuk ke Amerika Serikat. Pernyataan ini ia kemukakan saat menerima penghargaan Screen Actors Guild Award pada Januari 2017.

6. Dave Chappelle

Komedian Dave Chappelle dikenal sebagai salah satu orang terlucu di Amerika. Komedian ini pernah main di beberapa film besar yaitu “The Nutty Professor”, “Con Air”, dan “Half Baked”. Aksi standup comedy-nya pun diapresiasi banyak orang.

Dave memeluk agama Islam pada tahun 1998. Pada tahun 2015, Dave mengemukakan pendapatkan ke majalah Time, “Biasanya saya tidak membicarakan tentang agama saya di publik karena tidak ingin orang-orang menghubungkan saya dengan segala kekurangan dan hal indah ini. Saya percaya agama ini indah kalau kamu mempelajarinya dengan tepat.”

7. Akon

Penyanyi R&B yang dikenal dengan lagu “Smack That” dan “I Wanna Love You” ini lahir sebagai seorang muslim. Pada bulan Juni 2015, ia diwawancara oleh koran The National tentang karier dan kepercayaannya. “Saya terlahir sebagai muslim dan selalu ada debat mengenai Islam dan musik. Saya tidak pernah melihat musik dari aspek pertunjukkan, tapi dari niatnya. Kalau kamu melihat doa sehari-hari dalam Islam, kami melantunkannya dalam melodi. Kalau kita mendengarkan adzan di seluruh dunia, itu juga dilakukan dengan melodi. Jadi jangan bilang pada saya bahwa musik itu haram”.

Beberapa artis dunia memilih untuk tidak menceritakan kepercayaannya kepada media massa karena menganggap agama adalah hal personal. Namun artis muslim dunia ini justru bangga mengakui bahwa mereka menganut Islam, bahkan tidak segan menggunakan popularitasnya untuk meluruskan jika ada kesalahpahaman dan menunjukkan keindahan agama Islam.  Nah share ya artikel ini supaya makin banyak orang tahu tentang Artis Dunia yang juga beragama Islam.

Post a Comment