Back

7 Atlet Muslim Di Martial Art

Martial art atau seni bela diri merupakan kesenian yang tercipta sebagai cara seseorang mempertahankan atau membela diri. Pada awalnya, manusia mempelajari bela diri sebagai jawaban atas insting mempertahankan diri dari musuh. Namun di masa kini, bela diri sudah menjadi salah satu olahraga yang populer di masyarakat dan banyak dipertandingkan di arena seperti olimpiade. Tentunya hal ini mencetak banyak nama atlet berprestasi. Tak ketinggalan pula atlet muslim yang menorehkan namanya dalam bidang ini. Yuk, kita kenal lebih dekat!

1. Shahin Atamov

Karateka asal Azerbaijan ini telah memenangkan banyak pertandingan kelas dunia. Ia memulai latihan karate sejak umur 8 tahun. Lelaki kelahiran 30 Juli 1986 ini baru-baru ini keluar sebagai juara dunia dalam 4th Islamic Solidarity Games 2017. Keahliannya adalah nomor kumite putra atau pertarungan.

2. Kubra Dagli

Berparas cantik dan berhijab bukan berarti ia adalah wanita yang lemah. Kubra Dagli adalah seorang juara dunia Tae Kwon Do asal Turki. Ia baru berusia 20 tahun saat membawa pulang dua medali emas di kejuaraan dunia Turkish Open Taekwondo Championship 2016. Ia membuktikan bahwa atlet muslim bisa berjaya di kejuaraan dunia dengan tetap berhijab.

3. Umar Syarief

Siapa yang tak kenal karateka legendaris asal Indonesia ini? Atlet muslim kelahiran tahun 1977 tersebut telah menorehkan banyak prestasi tingkat dunia mewakili Indonesia sejak rentang tahun 1997-2010, seperti meraih medali emas SEA Games dan Asian Games. Pada 2014, MURI memberinya penghargaan sebagai atlet karate nasional terlama. Sejak 2007, ia menetap di Swiss dan menemukan pujaan hatinya yang juga seorang karateka di sana.

4. Muslim Salikhov

Salikhov merupakan seorang atlet muslim asal Rusia yang menggeluti wushu. Salikhov menyabet kemenangan di Kejuaraan Dunia Wushu pada tahun 2005 dan 2011. Ia juga menjadi atlet non-Tiongkok pertama yang meraih gelar “King of Sanda” pada turnamen di Chongqing, Tiongkok tahun 2006. Ia juga sering dijuluki sebagai “King of Kungfu” karena kehebatannya di arena laga.

5. Sarah Tri Monita

Dara kelahiran 31 Mei 1995 ini merupakan pesilat asal Indonesia yang telah banyak memiliki prestasi dunia. Prestasi yang diraih antara lain medali perak PON Jabar 2016, medali emas Kejuaraan Pencak Silat Dunia 2016, dan baru-baru ini memenangi Belgia Open 2017. Pada Kejuaraan Dunia 2016 ia turun di Kelas C putri dan mengalahkan pesilat asal Vietnam di final.

6. Islam El-Shehaby

Atlet muslim kelahiran tahun 1982 ini mewakili Mesir sebagai seorang judoka. Ia telah 9 kali menjadi juara judo Afrika dan 5 kali mendapat medali di Kejuaraan Dunia. Pada 2016 ia meraih medali perak di Grand Prix Dusseldorf.

7. Abdelrahman Ahmed Shaalan

Sangat jarang ada atlet sumo yang berasal dari luar Jepang. Namun, Shaalan yang memiliki nama laga Osunaarashi Kintaro, menjadi satu-satunya atlet muslim asal Mesir yang mendalami sumo di Jepang. Ia tertarik pada sumo sejak usia 15 tahun dan memutuskan berhenti kuliah untuk mempelajari sumo di negara asalnya. Shaalan telah mencapai prestasi jajaran atlet sumo profesional papan atas di Jepang dan bermimpi menjadi yokozuna alias juara utama dalam sumo.

Demikianlah hasil penelusuran salamberkah.com terkait beberapa profil atlet muslim yang memiliki prestasi tingkat dunia. Semoga bisa memberikan inspirasi pada pemuda-pemudi muslim untuk turut berprestasi di dunia olahraga.

Jika artikel ini dirasa bermanfaat, jangan hanya simpan sendiri ya. Share juga ke teman-teman.

Post a Comment