Back

7 Atlet Muslimah Terbaik Sepanjang Masa

Banyak Event Olahraga dunia  mencatat sebuah momen yang mengharukan bagi para umat Islam. Bagaimana tidak, empat belas muslimah berpartisipasi di berbagai cabang olahraga dan memenangkan medali. Ini menunjukkan bahwa atlet muslimah telah mencapai kesuksesan di dunia olahraga. Olahraga pun kini tidak hanya menjadi tontonan saja, tetapi menjadi ajang pemberdayaan serta pendidikan untuk para muslimah.  Salamberkah.com mencoba menelisik siapa saja sih Atlit Muslimah ini.

Para atlet muslimah di bawah ini juga menorehkan prestasi yang luar biasa. Tidak hanya mendapat medali, mereka mencatat sejarah di negaranya sebagai atlet terbaik sepanjang masa.

1. Laila Ali

Laila Ali adalah anak perempuan dari petinju legendaris, Muhammad Ali. Ia mengikuti jejak ayahnya menjadi seorang petinju dan mendulang kesuksesan. Laila meraih gelar juara dunia sebanyak tiga kali selama kariernya. Tidak hanya memenangkan penghargaan, ia juga meninggalkan catatan yang mengagumkan dalam sejarah tinju wanita. Sekarang, Laila mengubah kariernya sebagai pengusaha make-up dan produk kecantikan.

2. Nawal El Moutakawel

Nawal adalah atlet muslimah pertama yang memenangkan medali emas olimpiade, setelah memenangkan lari haling rintang sejauh 400 meter pada Olimpiade 1984 di Los Angeles. Prestasi ini menorehkan namanya di sejarah. Ia juga muslimah pertama yang dipilih sebagai International Olympics Committee dan mendapatkan penghargaan Laureus Achievement Award pada tahun 2010.

3. Hassiba Boulmerka

Hassiba adalah perempuan muslim kedua yang pernah memenangkan medali emas pada olimpiade tahun 1992. Ia adalah juara lomba lari 1500 meter dan memenangkan medali emas pertama untuk negaranya, Algeria.

4. Roqaya Al Gassra

Pada Asian Games 2006, Gassra memenangkan medali emas untuk lari sprint sejauh 200 meter dan perunggu untuk lari sejauh 100 meter. Gassara membuat sejarah sebagai wanita pertama yang lari menggunakan hijab di olimpiade tahun 2004.

5. Ghada Shouaa

Nama Ghada naik setelah penampilannya yang spektakuler pada Olimpiade 1996 di Atlanta. Bayangkan, ia memenangkan medali emas untuk heptathlon. Heptathlon melombakan tujuh jenis cabang olahraga sekaligus seperti lempar lembing, lari halang rintang, lompat tinggi, dan menembak. Ia juga memenangkan banyak medali di berbagai perlombaan di Asia dan di dunia.

6. Rubab Raza

Muslimah keturunan Pakistan ini adalah peserta termuda yang berkompetisi pada Olimpiade 2004. Kala itu usianya masih 13 tahun. Ia berkompetisi untuk renang gaya bebas sejauh 50 meter. Rubab juga memenangkan berbagai kompetisi nasional dan sukses mengikuti turnamen renang se-Asia. Ia juga memenangkan medali emas untuk renang gaya bebas sejauh 50 meter di Islamic Women’s Solidarity Games di Tehran, Iran.

7. Shiekha Maitha

Wanita ini mencatat rekor dunia sebagai wanita pertama dari wilayah Teluk yang mengibarkan benderanya, yaitu bendera Uni Emirat Arab, di olimpiade. Shiekha

berkompetisi di cabang seni bela diri. Ia juga memenangkan medali perak di Doha Asian Games pada tahun 2006.

Para atlet muslimah ini terus berusaha dan berprestasi, terlepas dari hambatan budaya, pakaian, bahkan aturan yang melarang penggunaan hijab di pertandingan olahraga, menginspirasi bahwa kesuksesan bisa dicapai tanpa harus mengorbankan keyakinan agama. Bahkan kini brand besar seperti Nike juga sudah meluncurkan hijab olahraga sebagai bentuk “pengakuan” internasional terhadap keberadaan atlet muslimah.  Share ya  biar SalamBerkah.com dikenal dan banyak memberikan keberkahan. Amiiin

Post a Comment