Back

7 Pemusik Islami yang Harus Kita Kenal

Musik merupakan media penyampai pesan yang paling sering dipakai. Bisa dibilang, musik adalah bahasa universal; walaupun Anda tidak mengetahui arti liriknya, tetapi Anda dapat memahami lewat nada-nadanya. Musik-musik dengan makna lirik yang dalam biasanya disampaikan oleh pemusik religi atau pemusik islami. Mereka berdakwah melalui lagu agar seruan kebaikan tersebut dapat lebih mudah diterima dan dicerna oleh masyarakat, khususnya anak muda.   Salamberkah.com ingin mengenal mereka lebih jauh. Ada istilah yang selalu kita kenal “Tak Kenal Maka Ta’Aruf” meskipun hanya lewat artikel ini.

Berikut adalah 7 pemusik islami yang harus Anda kenal:

1. Sami Yusuf

Pria berumur 37 tahun ini adalah seorang produser, komposer, musisi, sekaligus penyanyi dan penulis lagu. Lagu-lagunya kebanyakan berbahasa Inggris dan Iran. Sami Yusuf memulai debutnya pada tahun 2003, dengan merilis album berjudul Al-Mu’allim. Dilansir oleh majalah Time, Sami disebut-sebut sebagai ‘Bintang Rock Islam Terbesar.’

2. Native Deen

Grup vokal asal Washington DC ini mengusung genre hip-hop dalam musiknya. Terdengar unik memang, karena seperti kebanyakan musik hip-hop yang lain, Native Deen juga hanya menggunakan sejenis gamelan atau xylophone sebagai pengiringnya. Tak banyak pemusik islami yang menggunakan genre hip-hop, dan Native Deen terbilang sukses pada jalur itu. Lirik lagunya banyak mengandung makna tentang nilai-nilai islam.

3. RAEF

Setelah berkesempatan duet dengan Maher Zain pada lagu ‘So Real’, nama Raef mulai dikenal di seluruh dunia. Pria asal Washington DC ini merupakan seorang musisi, penulis lagu, penyanyi, dan juga seorang guru. Pada Juni 2014, Raef merilis album pertamanya yang berjudul The Path, di bawah naungan Awakening Records. Lalu di tahun 2015, Raef mengadakan tur konser di Indonesia selama berhari-hari. Raef banyak menulis lagu yang ditujukan untuk muslim di seluruh dunia.

4. Harris J

Muda, berbakat, dan tampan. Siapa yang tidak kenal dengan musisi asal Inggris, Harris J? Apalagi, genre musik yang ia ambil tergolong jarang digunakan oleh anak muda seumurannya. Tentunya, langkah Harris J dalam dunia musik islami ini mendapat sambutan yang sangat positif dari seluruh dunia. Harris J tergabung dalam label musik Awakening Records bersama Maher Zain dan Raef. Salah satu lagu hits-nya adalah yang berjudul ‘Assalammualaikum.’

5.RAIHAN

Didirikan pada tahun 1997, album pertamanya yang berjudul ‘Puji-pujian’, berhasil meraih sukses di negaranya sendiri, Malaysia. Beranggotakan lima orang pria, grup nasyid ini juga sukses berkolaborasi dengan grup-grup musik islami dari berbagai negara.

6. Humood Alkhudher

Genre musik yang diambil oleh pemuda kelahiran Kuwait, 1989 ini tergolong anti-mainstream, yaitu arabic pop. Video musiknya yang berjudul Kun Anta, telah ditonton oleh 30 juta orang di seluruh dunia. Humood adalah seorang musisi yang idealis, yang menyampaikan nilai-nilai moral serta kasih sayanglewat lagu-lagunya.

7. Yusuf Islam

Lahir di London, Inggris, pada 21 Juli 1948, Stephen Demetre Georgiou atau lebih dikenal dengan nama Cat Stevens adalah seorang mualaf. Setelah masuk Islam, ia mengganti namanya menjadi Yusuf Islam. Pria berumur 69 tahun asal Inggris ini adalah seorang musisi dan penulis lagu. Ia memutuskan untuk menjadi seorang mualaf, setelah mengalami kejadian yang membuatnya berada pada posisi antara hidup dan mati.

Demikian ulasan mengenai 7 pemusik islami yang ada di seluruh dunia. Semoga dengan informasi ini, Anda semakin suka mendengarkan musik-musik bernapaskan islami.  Semoga Mereka tetap Istiqamah dalam Islam, mencari jalaur agar selalu bisa berdakwah dengan cara kebaikan dan penuh Berkah. Salam Berkah buat  Anda yang membagikan article ini ke dalam tautan social media Anda dibawah ini.

Post a Comment