Back

9 Fakta Unik tentang Muslim Eropa yang Perlu Kita Kenal

Di Benua Biru – Eropa, muslim memang bukanlah penduduk mayoritas. Namun belakangan, kehadiran muslim di Eropa semakin terlihat dan mendapatkan berbagai sorotan. Di tengah berbagai dinamika yang ada, pemeluk Islam di Eropa terus berkembang. Berikut  ini, salamberkah.com mencoba menelisik lebih jauh tentang  9 fakta unik tentang Muslim Eropa yang perlu kita ketahui:

1. Penduduk Muslim di Eropa Jumlahnya Mencapai 4,9%.

Walaupun sebagai minoritas, jumlah penduduk Eropa yang memeluk Islam sebenarnya cukup signifikan. Berdasarkan penelitian dari Pew Research pada tahun 2016, sebanyak 4,9% penduduk Eropa adalah muslim. Dengan demikian, di Eropa hampir 1 dari 20 orang penduduk merupakan pemeluk agama Islam.

2. Umat Muslim di Eropa Paling Banyak Berada di Prancis dan Jerman.

Uniknya, Muslim Eropa terbanyak justru mendiami negara-negara besar seperti Prancis dan Jerman. Di Prancis, jumlah muslim mencapai 5,7 juta jiwa (8,8% dari total penduduk). Sedangkan di Jerman, jumlah muslim sebanyak 5 juta jiwa (6,1% dari total penduduk).

3. Siprus adalah Negara di Eropa dengan Persentase Populasi Muslim Paling Besar.

Negara pulau di laut Mediterania ini memiliki memiliki persentase penduduk muslim terbesar, yaitu sebanyak 25,4%. Jumlah penduduk Negara Siprus sendiri mencapai 300.000 jiwa sehingga jumlah muslimnya diperkirakan mencapai sekitar 75.000 jiwa.

4. Jumlah Muslim di Eropa Diprediksi Meningkat hingga Lebih dari Dua Kali Lipat

Masih berdasarkan penelitian dari Pew Research, jumlah muslim di Eropa diprediksi meningkat lebih dari dua kali lipat pada tahun 2050. Walaupun tidak ada kejadian migrasi besar-besaran, jumlah penduduk muslim akan terus meningkat karena pertumbuhan dari penduduk muslim sekarang yang relatif subur.

5. Muslim di Eropa Kebanyakan Lebih Muda Dibandingkan Penduduk Eropa Lainnya.

Median usia dari penduduk muslim di Eropa adalah 30,4 tahun. Usia ini lebih muda daripada nilai tengah usia penduduk Eropa lainnya, yaitu 42,9 tahun. Sebanyak 50% Muslim Eropa berusia kurang dari 30 tahun, sedangkan penduduk bukan muslim di bawah 30 tahun hanya 32%.

6. Pandangan Warga Negara-Negara Eropa Terhadap Muslim Bangat Bervariasi.

Tidak semua penduduk di negara-negara Eropa memiliki pandangan negatif terhadap umat muslim. Pandangan negatif paling banyak berasal dari negara-negara di Eropa Timur. Sedangkan negara-negara di Eropa Barat seperti Jerman, Inggris dan Prancis justru mayoritas memiliki pandangan yang lebih baik.

7. Perayaan Hari Raya Muslim di Eropa.

Umat Muslim di Eropa semakin mendapatkan hak-haknya untuk menjalankan kewajiban dan juga untuk merayakan hari raya. Seperti pada peringatan Hari Raya Idulfitri tahun lalu, sebanyak lebih dari 100.000 umat muslim berkumpul bersama untuk menjalankan salat Ied di Small Heath Park, Birmingham Inggris.

8. Puasa di Eropa Sangat Menantang.

Selain tantangan sebagai warga minoritas, menjalankan ibadah sebagai Muslim Eropa juga harus siap menghadapi tantangan geografis. Seperti di Finlandia utara, muslim Eropa harus berpuasa hingga 23 jam karena matahari hanya terbenam selama 55 menit.

9. Sadiq Khan adalah Wali Kota Muslim Pertama di London.

Kontribusi umat muslim semakin kentara di Eropa. Sadiq Khan, Wali Kota London yang sedang menjabat saat ini adalah seorang muslim. Dia berhasil menduduki jabatan tersebut setelah memenangkan suara sebesar 57%.

Itulah beberapa fakta unik tentang Muslim Eropa. Agama Islam memang tidak terbatas oleh letak geografis. Di tempat mana pun, semua orang berhak memeluk Islam dan menjalankan ibadah sesuai pedoman. Share ya biar artikel ini memberi semangat bahwa Islam hadir untuk menerangi dan memberi jalan.

Post a Comment