Back

Film Komedi Muslim yang Perlu Muslim Tahu

Film komedi adalah salah satu genre film yang disukai hampir semua orang di dunia. Tak heran jika dari genre ini, lahir bermacam-macam komedi mulai dari komedi satir, dark comedy, dan tentu ada juga komedi muslim.

Banyak film komedi terutama Hollywood yang mengangkat muslim sebagai objek cerita. Sayangnya, malah banyak yang menuai kontroversi karena isinya dianggap melecehkan. Namun, bukan berarti tidak ada film komedi muslim yang layak Anda tonton. Berikut ini ada empat film komedi muslim yang dirangkum oleh tim salamberkah.com, yang kisahnya tidak hanya menghibur, tetapi juga memberi banyak pelajaran untuk Anda.

1. The Muslims Are Coming (2013)

Film komedi dokumenter asal Amerika ini mengikuti perjalanan tur sebuah tim komedian asal Negeri Paman Sam. Film yang dibintangi oleh Dean Obeidallah, Negin Farsad, Maysoon Zayid, Aron Kader dan lain-lain ini mencoba menggambarkan bagaimana komedi bisa mematahkan anggapan buruk orang-orang tentang Islam.

Meski terkesan memiliki tema berat, tetapi film ini disajikan dengan bumbu humor kental yang pasti akan membuat Anda tertawa. Tidak hanya dapat hiburan, Anda juga akan belajar banyak hal dari para komedian muslim Amerika tersebut.

2. Kiamat Sudah Dekat (2003)

Meski sudah rilis cukup lama, film yang dibintangi dan disutradarai oleh seniman kondang Deddy Mizwar ini tidak akan pernah lekang oleh waktu. Saking awetnya, kisah ini sampai didaur ulang ke dalam format sinetron.

Kisah percintaan Fandy, seorang rocker yang jatuh cinta pada Sarah yang putri seorang haji ini akan membuat Anda tertawa sekaligus terharu di sepanjang filmnya. Tentu saja, film tersebut juga memberikan banyak pelajaran yang berharga.

3. Mengejar Halal (2017)

Film komedi muslim terbaru ini dibuat oleh sineas baru dan dihiasi wajah-wajah baru pula di jajaran pemainnya. Bersama Komunitas Film Maker Muslim (FMM), film ini berkisah tentang batalnya pernikahan Haura dan Shiddiq. Kegagalan inilah yang membuat Haura galau hingga akhirnya bertemu dengan seorang pria bernama Halal.

Dibumbui adegan-adegan komedi, film yang tayang di bioskop April lalu ini akan mengajak para penonton tertawa bersama. Selain itu, pesan-pesan kebaikan yang Anda dapat pun bisa menjadi pegangan kehidupan sehari-hari.

4. Looking for the Comedy in the Muslim World (2005)

Film ini berkisah tentang Albert Brooks, seorang komedian asal Amerika yang diutus oleh pemerintah untuk pergi ke India dan Pakistan. Ia mendapat misi untuk mencari tahu hal-hal apa yang biasa membuat muslim tertawa. Sesampai di India, ia melakukan wawancara dan menyiapkan laporan berupa esai sepanjang 500 halaman.

Di tengah-tengah film, Brooks dipaksa meninggalkan Pakistan karena ketegangan hubungan dengan Amerika Serikat. Meski tidak mengkaji Islam secara mendalam, film ini merupakan salah satu film berlatar muslim yang cukup menghibur.

Menonton film komedi muslim tentu saja harus tetap dengan pikiran terbuka. Tidak semua komedi memberikan pesan baik kepada para penontonnya. Cukup nyalakan televisi Anda, nikmati filmnya dan ambil pesan kebaikan yang ada di dalamnya!

Semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini ke teman-teman Anda!

Post a Comment