Back

Mengenal Lebih Jauh Tentang Lalla Salma Maroco

Maroko, yang sebagian besar penduduknya beragam Islam, memiliki seorang Putri Kerajaan yang dicintai rakyatnya. Berparas cantik dan mempunyai rambut merah yang panjang bergelombang, Putri Lalla Salma mencetak sejarah baru dalam kerajaan Maroko ketika menikah dengan Raja  Muhammad VI. Tidak hanya kecantikannya saja yang dipuji, perjuangannya akan pemberdayaan wanita pun ikut menjadi sorotan masyarakat Maroko.

Putri Lalla Salma yang bernama lengkap Salma Benanni lahir di kota Fez, kota ketiga terbesar di Maroko, pada 10 Mei 1978. Ayahnya adalah seorang guru sekolah bernama Haji Abdelhamid Bennani. Di tahun 1981, Salma yang berusia tiga tahun harus kehilangan sang ibu, Khadija Bensouda, untuk selamanya. Sejak saat itu, ia serta adiknya, Meryem, dirawat dan dibesarkan oleh neneknya di kota Rabat.

Di Rabat, Salma mengenyam pendidikan di sekolah privat dan umum. Ia berhasil menyelesaikan kuliahnya dan mendapat gelar sarjana teknik di l’École Nationale Supérieure d’Informatique et d’Analyse de Systèmes, sekolah nasional ilmu komputer. Setelah lulus, Salma mulai bekerja di ONA Group, perusahaan terbesar di Maroko, yang ternyata juga di bawah kendali kerajaan Maroko.

Wanita yang fasih berbahasa Arab, Perancis, Inggris, dan Spanyol ini bertemu dengan calon suaminya di tahun 1999 dalam suatu pesta. Menikah di tahun 2001, Salma mencuri perhatian rakyat Maroko. Raja Muhammad VI mengumumkan bahwa ia telah menikah dan bahkan memberitahu nama serta menampilkan foto sang istri. Hal ini berbanding terbalik dengan kebiasaan kerajaan di mana sosok istri raja tidak pernah dipublikasikan sebelumnya. Diketahui, Salma menetapkan beberapa aturan sebelum menerima pinangan sang kekasih, salah satunya adalah meminta praktik monogami dalam pernikahannya. Ini karena sudah menjadi hal yang wajar bagi seorang raja memiliki lebih dari satu istri.

Saat menikah dengan Raja Muhammad VI, Salma dianugerahi gelar Her Royal Highness Princess Lalla Salma dan menjadi istri raja pertama yang mendapat gelar kebangsawanan. Lalla merupakan nama tradisional yang diberikan untuk seorang perempuan yang menjadi bagian dalam kerajaan Maroko. Setelah hampir dua tahun menikah, pasangan ini dikaruniai seorang anak laki-laki, sang putra mahkota, yang diberi nama Moulay Hassan di tahun 2003 dan empat tahun berikutnya, di tahun 2007, anak perempuan mereka yang bernama Princess Lalla Khadija lahir.

Putri Lalla Salma disebut-sebut sebagai salah satu ibu negara tercantik di dunia dan menarik perhatian banyak pengamat fashion karena gaya berpakaiannya. Dalam setiap kemunculannya di publik, dengan senyum yang menawan dan kaftan yang cantik, Putri Lalla Salma sukses mencuri perhatian dunia.

Tidak seperti pendahulunya yang tertutup, Putri Lalla Salma justru lebih sering muncul di publik dan menghadiri berbagai acara untuk mewakili raja dan Maroko. Tahun 2005 mungkin merupakan pencapaian terbesarnya. Ia mendirikan sebuah yayasan untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya kanker yang diberi nama Lalla Salma Foundation – Prevention and Treatments of Cancers. Ia juga ikut serta dalam kegiatan pencegahan HIV/AIDS di Afrika dan mendapatkan penghargaan Sharjah Voluntary Work Award, salah satu penghargaan terpenting di Arab.

Banyak hal yang bisa dipelajari dari seorang Putri Lalla Salma. Di saat yang lain menyalahgunakan kekuasaan, sang Putri justru menggunakannya untuk membantu sesama.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini ke teman-teman Anda!

Post a Comment