Back

Mengenal Objek Wisata Di Timur Tengah

Jika mendengar istilah Timur Tengah, mungkin yang ada di benak Anda adalah hamparan padang pasir gersang yang membosankan. Namun, siapa sangka bahwa sebenarnya kawasan kering yang berada di antara benua Asia, Afrika, dan Eropa ini memiliki berbagai objek wisata yang menarik. Berikut ini Salamberkah.com mengkhabarkan beberapa objek wisata Timur Tengah yang bisa Anda pertimbangkan menjadi tujuan wisata.

1. Kota Dubai yang Modern

Kota Dubai yang terletak di Uni Emirat Arab (UAE) sejak awal tahun 2000-an telah menjadi kota modern. Letaknya yang sangat strategis menjadikannya pusat finansial yang penting. Dubai pun memiliki infrastruktur yang mengesankan.

Gedung-gedung pencakar langit menjulang di kota ini. Salah satunya adalah Burj Khalifa yang saat ini merupakan bangunan tertinggi di dunia. Selain itu, terdapat pula pulau-pulau buatan berbentuk kelapa di Dubai. Kedua objek ini menarik banyak wisatawan dari berbagai penjuru dunia untuk berkunjung ke Dubai setiap tahunnya.

2. Petra/Wadi Musa di Yordania

Situs Kota Petra yang penuh dengan sejarah dan peninggalan arkeologis merupakan salah satu objek wisata Timur Tengah yang paling banyak dikunjungi.  Keunikan arsitektur bangunan yang dipahat pada bebatuan serta sistem pengairannya membuat situs ini dikenal luas.

Sejak tanggal 6 Desember 1985, UNESCO telah menyatakan Petra sebagai Situs Warisan Dunia yang penting dalam peradaban manusia. Bahkan, oleh majalah Smithsonian, situs ini dipilih sebagai satu dari 28 tempat yang harus dikunjungi sebelum meninggal dunia.

3. Objek-Objek Menarik Mesir

Mesir sudah lama terkenal dengan piramida-nya. Bangunan berbentuk limas ini menyimpan mumi dari raja-raja Mesir terdahulu. Berdampingan dengan piramida, terdapat patung Sphinx yaitu patung berkepala singa. Patung Sphinx yang terbesar dan paling dikenal adalah patung Sphinx di dekat Piramida Giza. Letaknya berada di barat Sungai Nil dan menghadap ke timur.

Selain piramida dan patung Sphinx, Mesir juga memiliki objek wisata laut yang memukau. Di Hurghada, Anda dapat menyelam dan menikmati keindahan terumbu karang Laut Merah.

4. Berkeliling di Lebanon

Lebanon memiliki berbagai tempat yang tidak kalah menarik dengan objek wisata Timur Tengah lainnya.  Salah satunya yaitu Balbaek yang menyimpan reruntuhan kuil kuno peninggalan Kerajaan Romawi. Selain itu, Lebanon juga memiliki pantai-pantai yang indah, seperti Pantai Tyre dengan pasir putihnya dan Pantai Bonita Bay tempat banyak resor-resor mewah yang menghadap ke Laut Mediterania.

Jika Anda penggemar syair, Anda tentunya tidak boleh melewatkan rumah pujangga terkenal Lebanon, Kahlil Gibran. Lukisan-lukisan dan patung mengenai pujangga ini dapat Anda nikmati di tempat ini.

5. Mempelajari Sejarah Islam di Turki

Turki menyimpan banyak peninggalan kejayaan Islam di masa lalu. Hingga kini, bangunan-bangunan tersebut masih terawat dengan baik. Salah satunya adalah Museum Hagia Sophia, bangunan megah yang dulunya pernah menjadi gereja dan masjid.

Bangunan bersejarah menarik lainnya yaitu Blue Mosque serta Istana Topkapi yang saat ini telah menjadi Museum Sejarah Islam. Di museum ini, Anda dapat  melihat beberapa barang peninggalan Nabi Muhammad saw.

Selain objek wisata di atas, sebenarnya masih banyak objek wisata Timur Tengah lainnya. Anda tertarik untuk menjelajah Timur Tengah? Yuk, persiapkan diri Anda mulai dari sekarang untuk menemukan tempat-tempat menarik lainnya di kawasan ini.

Nah saatnya kita melangkah dengan berbagai kebaikan tentang Islam di salamberkah.com  itu Indah dengan membagikan men-share artikel ini keteman teman kamu.  Jadikan pengetahuan ini sebagai jendela kita melihat dunia.

Post a Comment