Back

5 Fashion Show Muslim Internasional

Saat ini, tren busana sopan atau modest sepertinya telah memiliki tempat tersendiri di mata pencinta mode. Hal ini terlihat dari pergelaran busana tingkat internasional dengan tema modest yang diselenggarakan di berbagai negara, mulai dari Asia hingga Eropa. Untuk Anda yang penasaran, inilah 5 fashion show muslim internasional yang perlu diketahui. 

1. Asia Islamic Fashion Week (AIFW)

Diadakan di Kuala Lumpur, Malaysia, AIFW diklaim sebagai fashion show muslim terbesar di Asia. Secara garis besar, acara pergelaran busana yang satu ini bermaksud untuk menunjukkan bahwa muslimah bisa tampil modis dan modern, dengan tetap mengikuti aturan berbusana dalam Islam. Selain fashion show, terdapat pula bazar dan seminar yang menjadi bagian dari rangkaian acara AIFW. Tahun ini, AIFW akan diakan kembali pada tanggal 29 Maret—1 April 2018 di MiTEC, Kuala Lumpur. 

2. Tokyo Modest Fashion Show

Sebagai salah satu kota yang juga dijuluki sebagai kota mode dan pusat tren fashion Asia, Tokyo untuk pertama kalinya mengadakan Tokyo Modest Fashion Show pada tahun 2016 lalu. Mendapat sambutan yang baik, acara ini kemudian diadakan kembali pada November 2017. Tujuan dari diadakannya pergelaran busana ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada para desainer busana muslim muda untuk menunjukkan karya-karyanya. Selain fashion show, terdapat pula acara lain seperti sesi penataan hijab dan pemberian penghargaan.

3. London Modest Fashion Week

Inggris kini menggelar pekan mode yang didedikasikan untuk berbagai rancangan busana yang muslim friendly. Melalui ajang yang terakhir digelar pada tanggal 18—19 Februari 2017 di Saatchi Galeri, Chelsea, London ini, 40 lini busana dari seluruh dunia ditampilkan. Tujuan utama diadakannya pergelaran busana ini adalah untuk menghapuskan Islamophobia di Inggris, dan agar para muslimah di London lebih percaya diri mengenakan busana muslim di tempat umum.

4. London Muslim Lifestyle Show

Pertama kali diadakan tahun 2016 dan mendapatkan sambutan baik dari pencinta modest fashion dunia, pada tanggal 21—22 April 2018 nanti, London Muslim Lifestyle Show akan kembali diadakan untuk ketiga kalinya. Bertempat di Olympia, London, pekan mode yang satu ini disebut-sebut sebagai pameran muslim lifestyle, fashion, and food terbesar di Inggris.   

5. Muslim Fashion Festival (Muffest)

Setelah sukses diadakan pada tahun 2016 dan 2017, tahun ini, Indonesia Fashion Chamber (IFC) rencananya akan kembali mengadakan Muffest pada tanggal 19—22 April 2018, bertempat di Jakarta Convention Center. Selama lima hari diadakan, rencananya akan ada beberapa mata acara, seperti 20 fashion show, seminar, art installation, dan performing art. Tujuan diadakannya Muffest 2018 adalah agar tahun ini Indonesia dapat menjadi pusat inspirasi, yakni pusat bisnis dan manufaktur fashion muslim dunia.   

Meningkatnya keinginan para muslimah di berbagai dunia untuk mengenakan busana yang sesuai dengan ajaran agama, membuat para desainer berlomba-lomba menciptakan karya yang modern namun tetap sesuai dengan ajaran Islam. Melalui 5 fashion show muslim di atas misalnya, para muslimah diajak untuk tidak ragu mengenakan busana muslim, karena meskipun mengenakan hijab, bukan berarti muslimah tidak bisa terlihat cantik dan menarik.   

Share artikel ini untuk juga berbagi manfaat kepada umat muslim lainnya. Wasalam.

Post a Comment