Back

7 Merek Baju Muslimah Asli Indonesia

Bisnis baju muslimah di Indonesia kian hari kian berkembang. Hal ini terjadi seiring dengan meningkatnya kesadaran kaum muslimah untuk menutup aurat dan memilih pakaian yang lebih tertutup—busana muslim.  Kini, baju muslim tidak lagi dipandang sebelah mata. Model dan gaya yang ditampilkan pun lebih variatif sehingga bisa memenuhi kebutuhan gaya berbusana mereka yang berjiwa muda.

Tingginya minat pasar akan baju muslimah, memotivasi desainer-desainer tanah air untuk memproduksi jenis busana tersebut.  Kualitasnya pun tidak main-main. Beberapa produk anak bangsa bahkan sudah merambah pasar internasional. Berikut ini beberapa merek baju muslimah hasil karya anak negeri yang perlu kamu tahu.

1. Dian Pelangi

Merek busana muslim Dian Pelangi rasanya dikenal oleh hampir seluruh muslimah Indonesia. brand ini sering wara-wiri di acara fashion show besar seperti Indonesia Fashion Week. Karya-karyanya terkenal tidak konservatif, kaya akan warna, modern, dan stylish. Karya yang dibuat oleh Dian Wahyu Utami ini juga khas dengan tambahan kain nusantara, seperti batik, songket, dan jumputan.

2. Shafira

Shafira berasal dari kota Bandung. Didirikan pada tahun 1989 oleh Feny Mustafa, Shafira menjadi salah satu merek busana muslim tertua di Indonesia. Berbeda dengan Dian Pelangi yang warna-warni dan berjiwa muda, Shafira memiliki ciri khas desain yang sederhana dan elegan, sesuai dengan target pasarnya yaitu kalangan menengah ke atas. Meski elegan, baju-bajunya bisa dikenakan untuk acara casual hingga formal.

3. Zoya

Meski berada di bawah grup yang sama dengan Shafira, Zoya memiliki desain yang berbeda dan menyasar target pasar yang juga berbeda, yaitu kelas menengah. Brand yang berdiri pada tahun 2005 ini memiliki filosofi “light and color” dengan karakter pakaian yang ringan, easy-to-wear, dan memiliki beragam desain dan warna.

4. Rabbani

Nama Rabbani, brand dari kota Bandung, mencuat karena salah satu karyanya yaitu Hijab Rabbani. Ciri khasnya adalah model hijab instan dengan variasi warna netral dan pastel. Banyak muslimah yang memilih warna ini karena dianggap mudah disesuaikan dengan pakaian yang dikenakan. Busana muslimah yang Rabbani jual adalah busana muslim yang syar’i namun tetap modis.

5. Elzatta

Masih dari Kota Kembang, Elzatta adalah salah satu merek baju muslimah yang memulai bisnisnya sejak tahun 1989. Elzatta dikenal dengan hijab yang lembut dan glossy, dengan bahan yang diambil dan diproduksi di Turki. Hijab Elzatta juga menjadi sponsor sinetron “Tukang Bubur Naik Haji”. Selain hijab, Elzatta juga memproduksi baju muslimah dengan desain yang simpel namun elegan.

6. Meccanism

Nama Zaskia Adya Mecca terkenal sebagai aktris dari film “Ayat-ayat Cinta” dan sinetron “Para Pencari Tuhan”. Selain berprofesi sebagai aktris, kini Zaskia berkolaborasi dengan kakaknya, Tasya Nur Media, membuka merek baju muslimah yaitu Meccanism pada tahun 2012. Baju-bajunya ditujukan untuk anak sekolah karena Meccanism memiliki desain easy-to-wear.

7. Jennahara

Merek Jennahara berbeda dengan merek lainnya. Didirikan oleh seorang desainer muda, Nanida Jenahara Nasution, Jennahara memiliki desain gaya yang tidak biasa, yaitu minimalis asimetris. Selain digunakan di acara formal, baju muslimah mereka bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Maraknya merek baju muslimah asli Indonesia dengan desain yang kreatif bisa membawa Indonesia mencapai cita-citanya sebagai kiblat busana muslim dunia di tahun 2020. Kini baju muslimah tidak hanya berguna menutup aurat saja, para muslimah pun bisa tampil gaya dengannya.

Jangan sampai informasi bermanfaat ini berhenti di kamu. Klik share agar semakin banyak orang yang tahu.

Post a Comment