Back

9 Masjid yang Instagramable Ini Wajib Kamu Tahu

Tujuan utama mengunjungi masjid tentu untuk melaksanakan ibadah. Namun, adakalanya ketika menengok sekeliling bangunan, tampak hamparan keindahan menghiasi seisi ruangan, dengan komposisi yang seimbang.

Hadirnya masjid dengan arsitektur menawan sebenarnya bukanlah hal yang baru. Selama lebih dari 14 abad, peradaban Islam telah berkembang bahkan berbaur dengan kebudayaan lokal. Alhasil, muncul rupa-rupa desain masjid yang memiliki keunikan, ciri khas, dan nilai artistik yang berbeda-beda. Berikut daftar masjid yang Instagramable dan patut kamu kunjungi:

1. Masjid Raya Sumatera Barat

Jika biasanya masjid beratap kubah, Masjid Raya Sumatera Barat justru menampilkan atap bangunan berbentuk gonjong. Jika dilihat dari atas, empat sudut bangunan akan terlihat lancip persis seperti rumah gadang. Uniknya lagi, pada dinding luar terdapat kaligrafi dengan gaya tulisan khas Minang.

2. Masjid Al-Mahdi Magelang

Masjid Al-Mahdi adalah bukti keterbukaan Islam dalam menyerap kebudayaan lain. Nuansa Tiongkok begitu kental ketika memasuki masjid ini. Mulai dari ukiran kayu, desain atap, hingga barisan lampion yang menerangi ruang utama.

3. Masjid Agung Tuban

Boleh jadi Aladdin hanya ada di negeri dongeng. Namun kemegahan istana dalam Kisah 1001 Malam bisa kamu temui di Masjid Agung Tuban. Sejak memasuki pelataran, kamu akan disuguhi ornamen-ornamen cantik dan dinding penuh ukiran, semuanya terletak tepat di bawah kubah berwarna-warni.

4. Masjid Tiban Malang

Konon masjid ini dibangun hanya dalam waktu satu hari.. Satu hal yang pasti, masjid ini adalah masjid yang Instragamable dan sangat cocok untuk mengabadikan momen. Susunan bangunannya unik dengan hiasan keramik menutupi hampir setiap sudut masjid.

5. Masjid Nasir Al-Mulk Iran

Sisi paling menakjubkan dari masjid ini adalah deretan kaca mosaik yang menyelimuti sebagian besar bangunan. Ketika cahaya matahari menimpa kaca-kaca tersebut, pantulan spektrum cahaya beragam warna akan membuatmu tertegun dibuatnya.

6. Masjid Shah Faisal Islamabad

“Masjid Shah Faisal berbentuk layaknya tenda raksasa,” kata Khaled Hosseini dalam novelnya, The Kite Runner. “Masjid itu berkilauan bagaikan sebongkah permata dalam kegelapan”. Jika melihat desain aslinya, pandangan Khaled bukan hal yang keliru. Bangunan megah itu dipercaya bisa menampung hingga ribuan jamaah.

7. Masjid Marree Australia

Salah satu masjid tertua di Australia ini memang sengaja dibiarkan tetap seperti pertama kali dibangun (1882), beratap ijuk dan fondasi kayu dengan dinding setengah terbuka. Ya, sering kali keindahan hadir melalui kesederhanaan.

8. Masjid Nusrat Djahan Copenhagen

Jika dilihat dari kejauhan, masjid ini seperti tempat persembunyian Mario Bross. Kubah memanjang yang hampir menutupi seluruh bangunan membuatnya tampak seperti jamur.

9. Masjid Kristal Malaysia

Momen terbaik mengunjungi Masjid Kristal adalah ketika malam tiba. Saat itu kamu bisa melihat pantulan warna-warni cahaya dari kaca dan kristal yang menempel pada kubah—menjadikannya seolah permata dalam sorotan cahaya.

Itulah deretan masjid yang Instagramable. Jika kamu berkesempatan mengunjungi salah satu dari masjid tersebut, jangan lupa untuk mengambil gambar dan membagikannya di akun Instagram, ya!

Jangan lupa juga untuk berbagi inspirasi dengan membagikan artikel ini ke teman dan rekan. Semoga bermanfaat.

Post a Comment