Back

9 Peci yang Umum Dipakai Dipenjuru Dunia

Peci yang selama ini kita kenal sebagai salah satu penutup kepala yang dipakai umat muslim, ternyata memiliki bentuk dan nama yang berbeda-beda di berbagai belahan dunia. Berikut ini 9 peci dunia yang perlu Anda ketahui.

1. Songkok/ Kopiah

Lelaki muslim di Indonesia dan Malaysia lebih mengenal songkok/kopiah sebagai penutup kepala mereka. Pada umumnya, songkok memiliki bentuk oval dan berwarna hitam. Pada masa lalu, kopiah/songkok juga dijadikan sebagai simbol perlawanan rakyat Indonesia terhadap penjajah.

2. Fez/Tarbush

Fez/tarbush merupakan peci yang berasal dari Turki. Bentuknya silinder tinggi dan umumnya berwarnya merah. Di Mesir, fez biasanya dililit dengan sorban, atau biasa disebut tarbush. Fez/tarbush sebenarnya bukan hanya milik muslim, namun juga milik penganut kepercayaan lain seperti Druze, Yahudi Samaritan, dan Shiners.   

3. Karakul

Karakul atau Qaraqul merupakan topi yang terbuat dari rambut domba Qaraqul. Sekilas, bentuk karakul mirip dengan songkok. Peci yang satu ini merupakan bagian dari pakaian adat orang asli Kabul dan telah menjadi kekhasan bagi seluruh pria berpendidikan di kota sejak awal abad 20-an di Afghanistan. 

4. Pakol

Pakol juga merupakan peci khas Afghanistan dan Pakistan. Bentuknya bulat berlapis lunak, dan pada umumnya berbahan dasar wol. Terdapat beberapa warna pakol yang lazim ditemukan, antara lain coklat, hitam, abu-abu, atau gading. Di Barat, pada tahun 1980-an peci ini dikenal sebagai topi seorang muslim.

5. Papakha

Peci yang satu ini milik umat muslim Chenchen, negara Chechnya, daerah dataran Rusia. Peci yang satu ini begitu ikonis karena pernah dikenakan oleh seorang perjuang muslim Syaikh Imam Shamil dalam melawan Rusia.

6. Kalpak

Kalpak merupakan identitas khusus bagi laki-laki muslim Krygyzstan. Peci ini terbuat dari empat panel putih dengan pola tradisional yang dijahit. Masyarakat Krygyztan sangat menghormati kalpak, sehingga terdapat larangan meletakkan kalpak di atas tanah, dan ketika malam hari kalpak harus diletakkan di dekat kepala, bukan kaki. Seseorang juga dilarang membunuh ketika mengenakan kalpak. 

7. Tubeteika

Tubeteika identik dengan muslim Uzbekistan. Sekilas, tubeteika mirip dengan peci yang ada di Indonesia, namun memiliki hiasan yang khas dengan budaya Uzbek. Tubeteika juga digunakan di Afghanistan, Iran, dan Turki. Peci yang satu ini tidak hanya dikenakan oleh pria, namun juga wanita dan anak-anak.

8. Kofia

Kofia merupakan topi silindris seperti songkok yang dikenakan oleh orang-orang Swahili, Afrika Timur. Dalam bahasa Swahili, kofia memiliki arti topi. Pada umumnya kofia dikenakan bersama dashiki, yakni kemeja Afrika yang berwarna-warni. Di Afrika Barat, peci ini memiliki nama kufi.

9. Peci Shindi

Peci yang satu ini biasa dipakai oleh orang-orang Sindhi di provinsi Sindh di Pakistan. Bentuknya khas, yakni berupa peci dengan potongan tengah membentuk gapura masjid. Dalam budaya Sindhi, peci shindi biasanya diberikan sebagai hadiah atau tanda kehormatan.

Itulah 9 peci dunia dengan kekhasannya masing-masing, yang memiliki nilai dan filosofi yang berbeda-beda. Dari informasi sejarah beberapa peci di atas, terlihat bahwa peci bukan hanya benda yang digunakan sebagai penutup kepala muslim semata. Di beberapa negara, peci dijadikan bentuk identitas bangsa, bahkan simbol kehormatan yang harus dijaga.

Jika artikel ini dirasa bermanfaat, jangan hanya simpan sendiri ya. Share juga ke rekan dan kerabat.

Post a Comment