Back

Cara Keren Menjaga Busana Muslim Tetap Okay

Menjaga penampilan rapi, tertutup, dan sesuai syariat merupakan kewajiban bagi muslimah. Namun, melakukannya tidak mudah bagi sebagian orang. Masih banyak orang yang beranggapan bahwa busana muslim membuat penampilan pemakainya tak lagi stylish dan terkesan kuno. Nah Salamberkah.com ingin kamu tetap syari dan trendy. Insya Allah…

Anggapan mereka tentu saja dapat disangkal dengan perkembangan tren busana muslim terkini, yang semakin beragam modelnya. Akan tetapi, sebagai muslimah Anda perlu mempertimbangkan beberapa aspek agar tetap keren dan bergaya sekaligus syar’i.

Kriteria Busana Muslim Ideal

Busana muslim yang ideal telah ditentukan dengan batasan-batasan aurat yang harus ditutup. Pakaian mesti menutup seluruh tubuh selain telapak tangan dan wajah, longgar, tidak menerawang, dan tidak menyerupai pakaian laki-laki.

Selama memenuhi kriteria tersebut, Anda dapat memakai berbagai model pakaian tanpa rasa was-was. Tak hanya jubah, Anda dapat memakai long dress, paduan celana kain yang longgar dengan cardigan, atau rok panjang dengan blus. Selain itu, Anda dapat memadukan dengan berbagai model hijab, syal, dan aksesori seperti bros dan kalung.

Pilih Bahan yang Nyaman Dipakai

Selain cantik dipandang, kenyamanan saat memakai busana muslim sangat penting. Pemilihan bahan yang tepat membuat pergerakan Anda tetap nyaman.

Pilih bahan yang lembut dan ringan, seperti sutra, polyester, sifon, dan satin. Bahan-bahan tersebut memberi kesan elegan dan stylish karena efek jatuh pada badan Anda. Selain bahan baju muslim, Anda juga perlu memperhatikan bahan hijab dan inner. Pilihlah bahan inner atau manset yang menyerap keringat dan ringan, seperti spandex dan katun.

Selain pemilihan bahan, kebersihan pakaian juga harus selalu terjaga, agar nyaman bagi diri Anda dan nyaman bagi yang memandang.

Merawat Busana Muslim

Memiliki busana muslim, tidak bisa lepas dari merawatnya agar kualitasnya masih sama seperti ketika baru membelinya. Baju yang tidak terawat, lusuh, dan cacat (seperti terkena luntur dan hilang kancingnya), tidak layak dipakai, meski harganya mahal sekalipun. Perhatikan instruksi perawatan, dari cara mencuci, menjemur hingga menyeterika, pada label pakaian.

Cara merawat pakaian berbeda satu sama lain, tergantung bahan dan sifat pewarnanya. Anda juga perlu memperhatikan mana pakaian yang perlu digantung dan mana yang perlu dilipat, agar pakaian tidak menjadi kusut.

Hindari Sikap Konsumtif

Model busana muslim terbaru hampir setiap hari muncul di toko maupun lapak jualan online. Semuanya terlihat cantik dan menggoda mata. Namun, tidak semua sesuai untuk Anda. Tetapkan pembelian hanya pada keperluan. Hindari membeli baju muslim hanya karena mengikuti tren semata; alasannya, tidak menutup kemungkinan Anda akan terus membeli jika muncul model yang baru.

Untuk menghindari pemborosan dalam membeli pakaian, pilihlah model yang bersifat everlasting. Contohnya long dress hitam, cardigan, dan baju gamis polos. Model-model tersebut masih relevan dipakai meski tren telah berubah. Anda tinggal memadukan dengan aksesori serta hijab yang sesuai.

Mengenakan busana muslim ternyata tak harus kaku dan monoton. Sering-seringlah mencari inspirasi berbusana agar tampil stylish dan elegan, tanpa harus meninggalkan aturan berpakaian syar’i.  Share ya biar banyak yang tahu

Post a Comment