Back

10 Menu Masakan Paling Singkat dan Sehat untuk Santap Sahur

Bulan puasa tentu akan menjadi momen menantang untuk para ibu dan istri karena harus bangun lebih pagi demi menyiapkan santap sahur. Selain memasak makanan sahur, tentu para ibu juga harus memastikan masakan yang disajikan enak dan sehat untuk keluarga. Berikut resep masakan praktis, sehat, dan singkat yang bisa dicoba untuk santap sahur keluarga.

1. Tumis Sayur Tiga Warna

Untuk tumis sayur yang lebih variatif, coba resep tumis berikut. Anda hanya perlu memarut kasar bengkuang dan wortel, campurkan juga buncis yang dipotong serong ke dalam tumisan Anda. Tumis sayur, masukkan bumbu dan masak hingga matang.

2. Sup Jamur Telur Kocok

Campurkan sedikit kaldu ayam dengan tepung maizena. Masukkan kaldu, bawang, irisan jamur, lada putih, kecap dan bumbu lainnya kemudian didihkan. Setelahnya, masukkan telur, kocok perlahan hingga menyebar. Matikan, hias dan siap disajikan.

3. Nasi Goreng Lada Hitam

Nasi goreng cukup praktis untuk dibuat. Anda hanya perlu menyiapkan bumbu, potongan sosis, nasi, kecap manis, dan lada hitam kasar. Praktis, bukan?

4. Tumis Brokoli Saus Tiram

Sayuran hijau tentu akan menjadi makanan sehat untuk keluarga. Siapkan bumbu untuk menumis. Anda bisa menambahkan jagung dan jamur untuk menu brokoli ini. Tambahkan saus tiram dan tepung maizena yang sudah dilarutkan.

5. Nasi Goreng Jepang (Yakimeshi)

Variasikan nasi goreng Anda untuk menu sahur. Tumis bawang, wortel, potongan daging ayam atau sosis, dan daun bawang. Campurkan dengan nasi dan telur yang sudah diorak-arik. Bumbui dengan garam dan merica. Nasi goreng Jepang siap disajikan.

6. Semur Tahu dan Tempe

Untuk membuat bumbu halus semur, dibutuhkan bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, dan jintan. Kemudian tahu, tempe, dan kentang yang sudah digoreng dimasukkan ke dalam tumisan bumbu dan daun salam. Ditambahkan air, kayu manis, cengkih, kecap manis, garam, dan gula.

7. Tumis Sosis Asam Manis

Untuk memodifikasi sosis kesukaan anak, tumis sosis dengan wortel, dan paprika. Buat saus asam manis dengan air nanas, gula, dan tepung maizena. Jangan lupa bumbui dengan kecap asin dan tambahkan potongan nanas sebelum dihidangkan.

8. Tumis Tahu dan Taoge

Tumis-tumisan masih menjadi opsi favorit di saat sahur. Potong tahu putih menjadi kotak kecil, tumis bawang putih, bawang merah, dan cabe merah dengan taoge. Masukkan tahu ketika sayur agak layu, tambahkan sedikit air dan bumbui.

9. Omelet Daging Cincang

Satu lagi menu yang mudah untuk dimasak, yaitu omelet. Namun, omelet saja sepertinya sudah menjadi menu yang lumrah. Coba tambahkan daging cincang, potongan wortel, dan buncis yang ditumis dengan bawang bombay.

10. Tumis Brokoli Telur Asin

Brokoli bisa dilumuri dengan air jeruk nipis, minyak wijen, garam dan merica. Kemudian goreng brokoli yang sudah lebih dulu dibaluri tepung maizena. Tumis bawang putih dan cabai merah, masukkan brokoli goreng, telur asin saus tiram, dan gula pasir.

Nah, itulah 10 resep masakan sahur yang tim salamberkah.com bagikan untuk Anda. Selain dapat disajikan dalam waktu yang singkat, masakan tersebut juga sehat untuk disantap oleh keluarga. Ayo jadwalkan masakan sahur Anda sekarang.

Jangan lupa juga untuk berbagi inspirasi dengan membagikan artikel ini ke teman dan rekan. Semoga bermanfaat.

Post a Comment