Back

10 Tanaman Rumah yang Penting dan Bikin Betah di Rumah

Setiap orang pasti mendambakan memiliki hunian yang nyaman dan bikin betah di rumah. Berbagai upaya dilakukan untuk menciptakan keinginan tersebut. Selain desain dan interior rumah yang sesuai dengan selera kita, sisakan ruang untuk tanaman Anda. Salamberkah.com ingin berbagi kebaikan dengan meliput 10 jenis tanaman rumah yang penting dan bikin betah :

1. Lavender

Pekerjaan di kantor yang menumpuk sering membuat Anda stres? Coba letakkan lavender di rumah. Kandungan senyawa linalol yang memiliki efek menenangkan pada bunga lavender dapat membantu Anda meredakan stress. Tidak berhenti sampai disitu, aroma bunga berwarna ungu kebiruan ini juga dapat membantu mengusir nyamuk, lho.

2. Mawar

Menyemprot semua ruangan setiap saat agar tetap wangi, tentunya sangat merepotkan dan boros biaya. Anda bisa mengganti parfum ruangan dengan bunga mawar. Tanaman yang memiliki nama latin Rosa damascena Mill ini, selain cantik juga memiliki aroma yang semerbak karena kandungan minyak atsiri dan zat pewangi lainnya. Niscaya aroma bunga ini akan membuat Anda semakin betah di rumah.

3. Kaktus

Salah satu alasan menjadikan kaktus sebagai penghias ruangan adalah perawatannya yang mudah. Tanaman yang satu ini tidak perlu terlalu sering disiram, cukup letakkan di dekat jendela atau area yang terkena sinar matahari langsung, maka kaktus akan tetap tumbuh dan menjalankan tugasnya sebagai penyaring udara yang baik.

4. Suplir Andiantum

Ada anggota keluarga yang merokok di rumah? Letakkan tanaman yang termasuk ke dalam tumbuhan paku ini di dalam rumah untuk menyerap racun rokok di udara, juga racun dari zat-zat kimia lainnya.

5. Lidah Buaya

Sama seperti kaktus, lidah buaya juga termasuk tanaman hias yang mudah dirawat. Lidah buaya mampu menyerap karbon monoksida, karbon dioksida, formaldedida, dan monoksida  sehingga dikenal sebagai tanaman pembersih udara.

6. Lidah Mertua

Di Jepang, tanaman dengan nama latin Sanseviera ini digunakan untuk menghilangkan bau pada perabotan rumah tangga. Masih satu golongan dengan lidah buaya, tanaman ini juga dapat menyerap karbon dioksida, karbon monoksida, formaldehyde, benzene, dan trichloroethylene di udara.

7. Geranium

Bunga yang berasal dari Afrika Selatan ini memiliki khasiat yang kurang lebih sama dengan Lavender. Aroma bunga Geranium dapat membantu mengusir nyamuk dari rumah Anda. Warna bunga Geranium yang mencolok juga dapat membantu menjernihkan pikiran.

8. Anggrek

Ingin menghadirkan suasana nyaman dan energi yang positif di dalam rumah? Letakkan bunga anggrek di dalam rumah Anda. Kecantikan dan aroma dari bunga yang termasuk dalam famili Orchidaceae ini disinyalir dapat memberikan efek relaksasi dan menciptakan ketenangan di rumah Anda.

9. Begonia

Para penggemar tanaman hias mungkin sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang banyak tumbuh di daerah pegunungan bercuaca sejuk ini. Meski tidak sepopuler anthurium,  satu            dari 10 jenis tanaman rumah yang penting dan bikin betah ini mampu memanjakan mata Anda dengan keindahannya.

10. Dragon Tree

Tanaman hias sejenis semak ini mampu menyegarkan mata dengan daunnya yang hijau dan bentuknya yang unik. Selain itu, tanaman ini juga mampu membersihkan udara rumah Anda dari polusi.

Demikian 10 jenis tanaman rumah yang penting dan bikin betah. Selain bikin betah di rumah, kehadiran tanaman-tanaman di atas juga bermanfaat bagi kesehatan Anda dan keluarga. Share ke teman teman kamu yang lain ya….Insya Allah berguna.

Post a Comment