Back

12 Ide Masakan Puasa yang Patut Dicoba

Puasa adalah salah satu ibadah wajib dan sunah bagi umat muslim yang memiliki banyak hikmah. Salah satunya adalah meningkatkan ketakwaan. Sayangnya, setelah seharian menahan lapar dan harus, waktu berbuka puasa terkadang menjadi ajang balas dendam. Berbagai jenis makanan dikonsumsi tanpa memperhatikan nilai gizinya.

Boleh saja jika Anda ingin memanjakan perut, namun sebaiknya tetap perhatikan menu santapan buka puasa ya. Agar puasa lebih sehat, berikut 12 ide masakan puasa untuk menu buka puasa yang patut dicoba:

1. Sayur Bayam

Sayuran hijau yang satu ini kaya akan kandungan vitamin, mineral, serat, antioksidan, sedikit kalori, dan lemak. Kombinasi nutrisi tersebut sangat baik untuk menguatkan tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, serta menjaga kesehatan pencernaan.

2. Salad Buah dan Sayur

Siapkan potongan buah dan sayur favorit, tambahkan mayones atau olive oil. Salad buah dan sayur bisa disantap sebagai pengganjal perut. Bisa juga ditambahkan potongan telur rebus atau irisan udang sebagai pelengkap.

3. Telur Balado

Bagi penyuka masakan pedas, protein dari telur balado ini dapat menjadi pengembali energi yang hilang. Sesuaikan tingkat kepedasannya dengan selera, ya!

4. Tumis Capcay

Hadirkan protein hewani dan nabati yang seimbang dalam masakan puasa Anda dengan menyajikan tumis capcay. Tambahkan jamur, bakso, potongan daging, udang, cumi, atau telur sebagai pelengkap dan penggugah selera makan saat berbuka.

5. Kentang Rebus

Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan menu buka puasa, kentang rebus ini bisa menjadi pilihan. Tambahkan parutan keju atau taburan cabai bubuk sebagai perasa.

6. Mushroom Pasta

Menu yang satu ini bisa jadi menu andalan bagi pasta. Anda bisa menambahkan potongan daging atau ayam untuk menambah citarasa pasta.

7. Sup Krim Jagung

Bagi yang tidak terbiasa langsung menyantap makanan berat, sup krim jagung yang disajikan hangat bisa menjadi pilihan. Menu ini bisa menjadi ‘pemanasan’ sebelum perut Anda siap menyantap makanan berat lainnya.

8. Sandwich

Sandwich merupakan satu menu praktis yang patut dicoba. Siapkan beberapa potong roti tawar, isi dengan telur, potongan daging asap, keju, dan sayuran sesuai selera. Anda juga bisa menambahkan potongan buah alpukat untuk menambah nilai gizinya.

9. Nasi Goreng

Nasi goreng dikenal sebagai masakan khas Indonesia. Tambahkan potongan ayam, bakso, sosis, udang, atau telur agar semakin lezat dan menggugah selera. Sajikan dengan potongan selada atau mentimun sebagai vitamin tambahan.

10. Sup Ayam atau Ikan

Kaldu dari sup ayam atau ikan ini bisa menjadi teman yang baik bagi menu buka puasa Anda, sekaligus sebagai penggugah selera makan Anda.

11. Opor ayam

Anda suka masakan bersantan? Opor ayam bisa menjadi pilihan menu buka puasa yang cocok. Namun, jangan mengonsumsinya secara berlebihan, ya.

12. Soto

Soto Kudus, Soto Betawi, Soto Lamongan, dan lainnya bisa dipilih sebagai menu buka puasa. Di Indonesia sendiri tercatat ada 17 jenis soto tradisional yang berasal dari Sabang hingga Merauke.

Dalam setiap masakan puasa yang tersaji saat berbuka, jangan lupa untuk menghidangkan kurma, seperti sunah Nabi Muhammad Saw. Selain kandungan gula alaminya yang mampu mengembalikan energi, kurma juga mengandung mineral dan serat yang baik untuk pencernaan.

Share artikel ini untuk juga berbagi manfaat kepada umat muslim lainnya. Wasalam.

Post a Comment