Back

7 Kebiasaan Baik yang Harus Dimiliki Di Era Jaman Now

Waktu terus berubah, datang silih berganti dan masa semakin terasa kian cepat berjalan. Siapa yang bergerak cepat, merintis kebiasaan yang baik, menjaga kontinuitas dan disiplin dialah yang punya harapan besar sukses di masa depan. Tak ada hal besar yang tidak dimulai dengan hal kecil. Dengan memulai 7 kebiasaan baik berikut ini, maka harapan sukses Anda di masa depan semakin besar. Apa sajakah itu?

1. Pandai Mengatur Waktu

Pepatah Arab mengatakan al-waqt ka as-saif (waktu itu laksana pedang), pepatah inggris mengatakan time is money (waktu adalah uang). Artinya, memanfaatkan waktu sebaik mungkin adalah salah satu kebiasaan baik yang harus diterapkan jika ingin memperoleh hasil maksimal.

2. Tidak Menunda-nunda Pekerjaan

Tidak menunda pekerjaan adalah kebiasaan baik selanjutnya yang harus kita miliki. Kalau bisa dikerjakan hari ini, kenapa harus besok? Itulah prinsipnya. Karena esok hari, kita tak tahu apakah kondisi kita sama sehatnya dengan hari ini. Jangan malah membalik ungkapan ini menjadi kalau bisa besok, kenapa harus sekarang?

3. Biasa Membuat Daftar Prioritas

Membuat daftar prioritas akan sangat membantu dalam menyelesaikan tugas yang terlanjur menumpuk karena berbagai sebab. Jadi, kalau terlanjur menunda pekerjaan, lalu ada tumpukan tugas, maka saatnya memaksa diri untuk belajar membuat daftar prioritas.

Jika tugas atau pekerjaan yang Anda hadapi besar, cobalah untuk memecah atau membaginya dalam beberapa langkah atau poin. Jadi, otak tidak akan tersugesti memandang besarnya pekerjaan sehingga akhirnya sudah lelah dulu sebelum mulai mengerjakan tahap-tahapnya.

4. Berpikiran Positif dan Optimis

Membiasakan diri berpikir positif dan optimis sangat penting untuk meraih kesuksesan dan kebaikan di masa mendatang. Di zaman now saat persaingan kian ketat, permasalahan kian kompleks, dan tuntutan kian besar, tanpa optimisme dan pikiran positif, semuanya akan semakin terasa berat. Kalaupun Anda pernah gagal, saran kami adalah jangan merasa putus asa. Kadang orang baru mencapai hasil maksimal setelah berulang kali gagal.

5. Mempunyai Rasa Empati

Di era teknologi informasi saat ini, rasa empati atau kepedulian terhadap sesama kian luntur. Berapa kali kita lihat orang yang tega berswafoto di dekat kejadian lakalantas? Ada juga yang justru memanfaatkan momen miris dan tragis untuk mengais like dan share di media sosial. Di era zaman now, membangun kepekaan diri dan rasa empati terhadap lingkungan sekitar harus kembali dibiasakan.

6. Berpikir Kreatif

Think out the box! Pikirkan secara berbeda! Beda dari yang lain, beda dari yang biasanya. Melatih diri untuk berpikir kreatif harus dimiliki sejak sekarang. Persaingan yang kian ketat menuntut inovasi dan kreasi-kreasi yang unik dan tak terpikirkan oleh orang lain. Ini kebiasaan baik yang harus dimiliki sejak kini.

7. Mengatur Keuangan dengan Baik

Dengan membiasakan diri mengatur keuangan secara teliti dan cermat, Anda dapat mulai menabung untuk masa depan. Kebiasaan menghamburkan gaji untuk kesenangan sesaat sudah harus dihentikan. Keuangan yang teratur bukan berarti harus pelit terhadap pengeluaran sosial, tetapi tahu batas maksimal, kewajaran, dan keseimbangan dengan kemampuan.

Itulah 7 kebiasaan baik yang harus dimiliki di masa kini. Bersyukur dan pertahankan jika Anda sudah memilikinya. Mari belajar membiasakannya jika saat ini Anda belum memiliki keseluruhannya. Nah, ajak juga teman-teman Anda untuk mengikuti kebiasaan baik tersebut, dengan cara membagikan artikel dari salamberkah.com ini di berbagai media sosial!

Post a Comment