Back

7 Kiat Mudik Berkah Dan Mudah

Momen Lebaran menjadi saat yang tepat untuk melakukan perjalanan ke kampung halaman atau mudik. Banyak persiapan dilakukan sebelum mudik, seperti menentukan waktu perjalanan, kendaraan yang digunakan, barang yang akan dibawa, hingga oleh-oleh. Salamberkah.com berbagi tips, cara gampang agar mudik menyenangkan dan tetap menjadi berkah.  Sering dilupakan yaitu bagaimana supaya mudik berkah, mudah atau tidak memberatkan, dan bisa mendatangkan manfaat.

Di antara 7 kiat mudik berkah dan mudah yang bisa Anda terapkan di Lebaran mendatang adalah:

  1. Mudik dengan niat yang baik. Apa yang menjadi niat Anda saat mudik? Pasti ingin menyambung tali silaturahmi dan mempererat tali persaudaraan dengan sesama muslim di tempat tujuan, bukan? Insyaallah dengan niat baik ini, kegiatan mudik bisa membuat Anda semakin dekat dengan Allah Subhanahu wata’ala atau berkah.
  2. Menyerahkan segala urusan pada Allah semata. Sebelum melakukan perjalanan mudik, Anda tentu telah mempersiapkan segala sesuatu jauh-jauh hari. Mulai dari dana, kendaraan, barang yang akan dibawa, dan menentukan waktu keberangkatan. Berserah pada Allah untuk persiapan tersebut dengan salat istikharah dan banyak beristighfar. Dengan salat istikharah, diharapkan Anda mendapat petunjuk kapan waktu yang tepat untuk melakukan perjalanan tersebut.
  3. Membawa barang seperlunya. Lama waktu mudik biasanya antara 5-7 hari. Cukup membawa beberapa potong baju yang nyaman dan sesuai dengan suhu udara di tempat tujuan, perlengkapan seperti gadget beserta charger, dan obat-obatan pribadi. Anda juga bisa lo membawa oleh-oleh khusus untuk para handai taulan di kampung halaman. Dengan berbagi, insyaallah timbullah rasa kasih sayang di antara sesama.
  4. Berpamitan dengan orang-orang di sekitar tempat tinggal seperti tetangga atau teman satu kos yang tidak pulang mudik tahun ini. Sambil pamit, Anda bisa titip rumah pada mereka dan minta didoakan supaya selamat sampai tujuan.
  5. Memilih waktu safar (bepergian) di waktu terbaik dan berdoa. Ada 2 waktu terbaik yang sangat dianjurkan dalam melakukan perjalanan, yaitu pada pagi dan malam hari.

Sesuai doa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam, ”Yaa Allah, berkahilah ummatku di waktu paginya.” (HR. Abu Daud)

Dari Anas bin Malik, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Hendaklah kalian melakukan perjalanan di malam hari, karena seolah-olah bumi terlipat ketika itu (jarak menjadi terasa lebih dekat).” HR. Abu Daud)

Jangan lupa juga berdoa sebelum berangkat.

  1. Memanfaatkan waktu di perjalanan dengan hal yang bermanfaat, seperti mendengarkan murottal Quran, membaca Al-Quran melalui ponsel, membaca buku, dan berdzikir. Anda juga bisa membuka percakapan dengan sesama penumpang bus/kereta/pesawat terbang saat ada kesempatan. Siapa tahu bisa menambah silatul ukhuwah (tali persaudaraan muslim) yang baru dan bisa saling tukar informasi.
  2. Bersedekah dengan salam, senyum, dan cerita baik saat tiba di tempat tujuan. Awal perjumpaan dengan handai taulan di kampung halaman untuk pertama kalinya setelah beberapa lama tak jumpa tentu akan menorehkan kesan mendalam dengan sedekah yang Anda lakukan ini. Apalagi jika Anda lakukan sambil memberikan oleh-oleh kepada mereka. Masyaa.. ini akan jadi perjumpaan yang indah, bukan?

Itulah 7 kiat mudik berkah dan mudah yang mungkin bisa menjadi inspirasi Anda sebelum melakukan mudik tahun ini. Semoga Allah memudahkan perjalanan Anda ke tempat tujuan hingga kembali lagi ke rumah.  Share ya artikel ini buat teman teman lain jadi tahu nantinya.

Post a Comment