Back

8 Trik Jilbab yang Harus Kamu Tahu

Apabila seorang wanita muslimah telah baligh atau sudah haid, maka wajib baginya untuk menutup aurat. Kewajiban tersebut telah disebutkan dengan jelas di dalam ayat suci Alquran maupun hadis. Salah satu aurat wanita adalah rambut yang harus ditutup dengan jilbab atau khimar.

Seiring dengan semakin berkembangnya fashion muslim di Indonesia, dapat dijumpai berbagai macam jilbab atau khimar yang ditawarkan. Namun, terkadang ada beberapa kondisi yang mungkin membuat kamu merasa tidak nyaman ketika mengenakan jilbab. Ketidaknyamanan yang sering terjadi antara lain, jilbab yang sering merosot ke depan karena bahannya yang licin atau rambut yang sering terlihat keluar. Untuk menyiasati kondisi tersebut, berikut 8 trik jilbab yang harus kamu tahu:

1. Kenakan ciput

Dengan mengenakan ciput, kamu tidak perlu khawatir lagi dengan tatanan rambut yang berantakan keluar. Selain itu, ciput juga dapat membantu mencegah jilbabmu merosot. Ada beragam jenis ciput yang bisa kamu pilih, antara lain ciput ninja, ciput bandana, ciput turban, ciput topi, dan ciput rajut..

2. Tahan poni rambut dengan bandana

Mungkin tidak semua orang suka mengenakan ciput ketika berjilbab. Sebagai penggantinya, kamu dapat mengenakan bandana untuk menahan poni rambutmu agar tidak keluar dari jilbab atau kerudung.

3. Sematkan jarum pentul

Agar jilbabmu tidak “lari” ke mana-mana dan tetap rapi meskipun kamu banyak beraktivitas, tahan jilbab dengan jarum pentul. Kamu dapat menyematkan jarum di beberapa titik, misalkan di bawah dagu, di samping telinga kanan kiri, atau di bagian atas.

4. Gunakan double tape

Fungsinya sama dengan jarum, untuk menahan jilbab agar tidak merosot ke depan dan tetap rapi ketika beraktivitas. Keuntungan penggunaan double tape sebagai pengganti jarum adalah cara ini lebih praktis. Letakkan double tape tersebut di antara ciput dan jilbabmu.

5. Semprotkan spray rambut

Cara ini berguna bagi kamu yang menginginkan rambut di bawah jilbab tetap rapi tanpa perlu mengenakan ciput atau bandana. Semprotkan hairspray pada bagian rambut yang susah diatur dan sering menjuntai keluar.

6. Ganti cepol dengan shower puff

Bagi kamu yang ingin menggunakan cepol tapi tidak ingin terlihat terlalu besar, trik ini bisa dicoba.  Kamu dapat memanfaatkan shower puff sebagai pengganti cepol. Caranya, ikat rambutmu dengan posisi ikatan ke atas. Kemudian kenakan ciput. Letakkan shower puff di atas ikatan rambutmu dan sematkan jarum pentul sebagai penahan. Terakhir, kenakan jilbab yang kamu inginkan.

7. Agar jilbab tetap rapi dengan Turki style

Sering merasa kesal karena ujung jilbab tidak rapi saat menerapkan Turkistyle? Agar bentuk segitiga di bagian ujung jilbab tetap pada posisinya dan tidak jatuh atau menekuk, tarik jilbabmu ke arah belakang pada bagian segitiganya dan sematkan jarum pentul sebagai penahan.

8. Manfaatkan penjepit rambut

Agar rambut bagian depan atau poni tidak keluar dari kerudung, kamu dapat menyematkan jepit rambut. Pilih jepit rambut dengan model dan warna yang biasa (misal: hitam) agar tidak terlihat kontras dan aneh dengan jilbab yang kamu kenakan.

Trik jilbab di atas dapat kamu gunakan dalam berbagai kondisi, terlebih jika kamu mengenakan jilbab yang berbahan licin. Semoga semakin mantap dalam menutup aurat, ya!

Apakah menurut Anda artikel ini bermanfaat? Jika ya, jangan ragu untuk berbagi manfaat dengan klik “share”.

Post a Comment