Back

9 Ide Usaha yang Bisa Anda Coba di Momen Idulfitri. Lumayan Jadi Income Tambahan

Indahnya momen Idulfitri tidak hanya mendatangkan berkah untuk umat Islam dalam menjalankan ibadah, tetapi juga memberikan rezeki dengan peluang usaha musiman yang menguntungkan. Dengan sedikit kejelian dan kreativitas, Anda bisa memanfaatkan berbagai peluang usaha yang dapat menambah income. Berikut 9 ide usaha Idul Fitri yang bisa Anda coba.

1. Kue Kering

Kue kering adalah primadona pada hari Raya Idulfitri. Siapa yang tidak akan tergoda dengan kue-kue cantik yang menggiurkan? Nah, jika Anda punya keahlian dan hobi membuat kue, jenis usaha ini wajib dicoba. Pasarkan kue kering buatan Anda ke teman-teman dan relasi, Anda juga bisa memasarkannya lewat media sosial. Jika tidak punya keahlian dalam membuat kue, cobalah untuk menjadi reseller kue kering.

2. Kartu Lebaran

Meskipun perkembangan teknologi semakin pesat, kartu Lebaran masih akan tetap diminati. Kerajinan tangan kartu Lebaran biasanya mempunyai dekorasi dan desain yang autentik. Jika Anda hobi membuat kerajinan tangan, jago mendesain, atau punya usaha percetakan, saatnya untuk mulai melakukan usaha ini.

3. Pakaian Muslim

Idulfitri identik dengan pakaian baru. Peluang usaha pakaian muslim di hari raya merupakan salah satu usaha menggiurkan karena peminatnya yang banyak. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun akan mencari pakaian baru agar tampil lebih menawan di hari raya.

4. Jasa Rental Mobil

Daripada membiarkan mobil menganggur di rumah, Anda dapat menggunakannya untuk jasa rental mobil. Biasanya, jasa rental mobil sangat diminati oleh mereka yang melakukan mudik, tetapi tidak berhasil mendapatkan tiket perjalanan dikarenakan padatnya penumpang.

5. Usaha Peralatan Salat

Menjelang Idulfitri, kebutuhan akan peralatan salat biasanya akan meningkat. Ini dikarenakan kecenderungan masyarakat menjadi lebih religius sehingga dianggap perlu memperbaharui peralatan salat menjadi yang lebih pantas.

6. Usaha Parsel

Parsel biasanya diberikan ketika yang bersangkutan tidak dapat mengunjungi relasi secara langsung. Ini adalah kesempatan Anda untuk membuka jasa pengemasan parsel. Jenis parsel untuk Idulfitri bisa berupa kue kering, pernak-pernik, cokelat, bahkan parsel khusus sesuai permintaan konsumen.

7. Jasa Reservasi Tiket

Momen pulang kampung menjelang Idulfitri juga dapat dimanfaatkan sebagai peluang usaha. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha reservasi tiket karena biasanya menjelang Idul Fitri harga tiket perjalanan akan sebanding dengan animo masyarakat, sehingga keuntungan yang didapat juga akan lebih besar.

8. Jasa Sopir

Mudik menggunakan kendaraan pribadi tentu membutuhkan stamina yang cukup besar. Anda bisa menawarkan jasa sopir pribadi untuk perjalanan, mengingat banyaknya pelaku mudik selama momen Idulfitri.

9. Jasa Penitipan Hewan

Alternatif usaha Idulfitri lainnya adalah penitipan hewan. Orang-orang yang pulang kampung biasanya akan memilih menitipkan hewan peliharaan mereka. Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk usaha jasa penjagaan hewan selama masa mudik.

Itulah 9 alternatif usaha Idul Fitri yang dipaparkan oleh tim salamberkah.com. Sudahkah Anda memilih usaha mana yang akan Anda jalankan di momen Lebaran kali ini?

Jangan lupa juga untuk berbagi inspirasi dengan membagikan artikel ini ke teman dan rekan. Semoga bermanfaat.

Post a Comment