Back

9 Kutipan Penting yang Harus Diingat Saat Kita Lagi “Down”

Pernahkah Anda tiba-tiba kehilangan semangat dan putus asa saat mengalami kegagalan? Adalah hal yang wajar sebagai manusia biasa bila Anda merasa terpuruk ketika kenyataan tak seindah harapan. Namun, jangan sampai masalah tersebut membawa Anda jatuh lebih dalam. Yakinlah bahwa Allah SWT tidak akan memberi cobaan melebihi kemampuan hamba-Nya. 

Di saat Anda merasa lemah, cobalah untuk mengingat dan merenungkan kembali kata-kata penyejuk hati bernuansa islami. Tak hanya sekadar kata, kutipan penting tersebut bagaikan obat mujarab yang mampu mendongkrak kembali semangat dan menyembuhkan hati yang terluka.

Adapun sejumlah kutipan yang harus Anda ingat saat merasa down adalah sebagai berikut.

1. Menguji Kemampuan

“Angin tidak berembus untuk menggoyangkan pepohonan, melainkan menguji kekuatan akarnya.” (Ali bin Abi Thalib)

Sahabat Rasulullah Saw secara tersirat menyatakan bahwa ujian hanyalah alat untuk mengetahui seberapa kuat kadar keimanan seseorang.

2. Menghadapi Cobaan

“Barang siapa tidak dicoba dengan bencana atau kesusahan, maka tidak ada sebuah kebahagiaan pun disisi Allah.” (Adh-Dhahhak)

Kesulitan merupakan sebuah cobaan yang harus dihadapi dengan hati lapang. Adh-Dhahhak mengingatkan agar Anda senantiasa bersyukur pada Allah SWT, dalam keadaan apa pun.

3. Kegagalan

“Saya tidak bangga dengan keberhasilan yang tidak saya rencanakan sebagaimana saya tidak akan menyesal atas kegagalan yang terjadi di ujung usaha maksimal.” (Harun Al Rasyid)

Khalifah Abbasiyah kelima yang dikenal saleh dan pemurah memberikan petuah agar Anda tidak menyesali kegagalan selama sudah berusaha yang terbaik.

4. Jangan Bersedih

“Janganlah engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita.” (Q.S. At-Taubah:40)

Kutipan penting yang diambil dari ayat Alquran ini menyeru agar umat muslim tidak berkubang dalam kesedihan. Sebab Allah senantiasa berada dekat dengan hamba-Nya.

5. Bersabarlah

“Sabar memiliki dua sisi, sisi yang satu adalah sabar, sisi yang lain adalah bersyukur kepada Allah.” (Ibnu Mas’ud)

Jadikan cobaan sebagai ladang amal untuk lebih mendekatkan diri pada Allah SWT.

6. Rencana Allah SWT

“Hidup itu memang terkadang rumit. Namun, serumit apa pun kehidupan ini tetap harus kita jalani karena Tuhan punya rencana dibalik semua ini.” (Jefri Al Buchori)

Tak ada lagi alasan untuk berputus asa karena Allah lebih mengetahui apa yang terbaik bagi hamba-Nya.

7. Ujian dari Allah SWT

“Untuk dapat apa yang kau suka, kau mesti dahulu bersabar dengan apa yang kau benci.” (Imam Al-Ghazali)

Sebelum meraih apa yang Anda inginkan, terkadang Allah SWT lebih dulu memberi cobaan untuk melihat seberapa besar tekad dan keimanan hamba-Nya.

8. Allah Maha Mengetahui

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (Q.S Al-Baqarah:216)

Berprasangka baiklah kepada Allah SWT.

9. Ada Kemudahan

“Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan.” (Q.S. Al-Insyirah:5-6)

Allah SWT sudah berjanji pada hamba-Nya jika dibalik kesulitan, selalu ada kemudahan.

Itulah beberapa kutipan penting yang akan membuat Anda kembali bersemangat untuk menjalani kehidupan. Bersedih secukupnya, yakin pada diri bahwa kesulitan dan kemudahan adalah nikmat yang diberi oleh Allah SWT. Jadilah pribadi yang positif, terus tebar kebaikan, dan tunjukkan bahwa Islam adalah agama yang penuh cinta.

Yuk share artikel ini agar semakin banyak orang yang tahu indahnya Islam.

Post a Comment