Back

To-do List Penting Saat Lebaran Di Kampung Halaman

Bagi umat muslim di Indonesia, lebaran di kampung halaman menjadi tradisi yang tidak bisa ditinggalkan setiap tahunnya. Jauh-jauh hari sebelum berangkat, banyak persiapan yang harus Anda lakukan. Salamberkah.com ingin  membuat to-do list yang memuat hal-hal apa saja yang harus dilakukan selama berlebaran di sana. Termasuk daftar barang-barang penting yang harus dibawa dari rumah dan yang akan ditinggalkan di kampung halaman.

Persiapan Keberangkatan dan Pulang

Dalam hal ini, Anda sudah tahu akan berangkat dan pulang menggunakan transportasi apa. Apakah naik kendaraan umum, kendaraan pribadi, atau menyewa kendaraan.

Jika Anda memutuskan untuk pergi dan pulang dengan kendaraan umum seperti bus, kereta, kapal laut, atau pesawat terbang, pastikan untuk memesan tiketnya jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.

Untuk transportasi seperti kereta atau pesawat terbang, Anda bisa memesan tiketnya 2 bulan sebelum keberangkatan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kehabisan tiket yang bisa membuat Anda sekeluarga batal berangkat.

Selain tiket keberangkatan, Anda tentu harus menyiapkan tiket pulang. Agar lebih efisien, Anda bisa membelinya sekaligus saat membeli tiket keberangkatan. Atau bisa juga membelinya langsung di stasiun atau terminal tempat kepulangan.

Jika memutuskan menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil, pastikan untuk memeriksa kondisi kendaraan yang akan digunakan sebelum berangkat. Seperti memeriksa mesin, ban, surat-surat kendaraan, dan lain-lain.

Yang tak kalah penting, persiapkan juga kondisi sang supir. Pastikan kondisi tubuhnya benar-benar fit. Jika perjalanannya cukup Panjang, ada baiknya mempersiapkan supir pengganti untuk meminimalisasi risiko kecelakaan akibat supir kelelahan.

Memilih Barang Penting untuk Dibawa

Biasanya barang-barang penting yang bisa dibawa untuk bepergian jauh meliputi barang pribadi (baju ganti, sabun, kosmetik, dan obat-obatan pribadi), barang untuk keperluan di perjalanan, barang milik anggota keluarga, dan buah tangan bagi handai taulan di kampung halaman.

Untuk memudahkan proses mengepak barang ke dalam koper, Anda bisa melihat video tutorial berikut ini https://www.youtube.com/watch?v=QNtCct-L8Qg.

Memeriksa Kondisi Rumah Sebelum Ditinggalkan

Periksa seluruh sudut rumah sebelum Anda pergi. Termasuk kondisi tabung/selang gas kompor, kabel-kabel yang terhubung dengan instalasi listrik, gembok dan kunci pintu, serta engsel jendela dan pintu rumah. Pastikan semuanya dalam kondisi baik sehingga Anda merasa aman meninggalkannya.

Selain itu, Anda juga bisa menitipkan rumah (mungkin dengan kuncinya) pada tetangga terdekat yang Anda percaya dan tidak pergi mudik.

Merincikan Tempat yang Akan Dikunjungi

Selama lebaran di kampung halaman, Anda pasti akan pergi ke beberapa tempat untuk bersilaturahmi, sekadar berjalan-jalan, atau berbelanja oleh-oleh. Untuk itu pastikan Anda menyediakan pakaian yang sesuai dan nyaman untuk kunjungan demi kunjungan tersebut.

Terakhir dan yang tidak kalah penting, sediakan dana yang cukup untuk melakukan semua kegiatan. Selama belanja oleh-oleh sebaiknya membeli secukupnya saja. Karena setelah libur lebaran ini masih panjang hari yang harus dilalui sebelum gajian lagi.

Semoga artikel ini bermanfaat dan lebaran di kampung halaman Anda berkesan dan jangan lupa Share ya  agar Syiar ini terus menyebar.

Post a Comment