Back

Usaha Dibawah 5 Juta yang Layak Untuk Dicoba

Memiliki usaha sendiri adalah impian hampir semua orang. Namun, sering kali keinginan untuk memulai usaha terbentur dengan jumlah modal yang terbatas. Padahal, memulai usaha tidak melulu memerlukan modal yang besar.  Banyak usaha di bawah 5 juta yang bisa Anda coba untuk mendapatkan penghasilan. Usaha-usaha berikut ini bisa Anda jalankan di sekitar rumah dengan modal tidak sampai 5 juta.

1. Membuka Konter Pulsa

Zaman sekarang, nyaris semua orang memiliki telepon seluler. Karena itu, membuka konter pulsa adalah bisnis yang menjanjikan. Selain menyediakan pulsa, konter pulsa juga bisa menyediakan paket data, kartu perdana, dan token listrik.

Yang Anda perlukan untuk memulai usaha ini cukup telepon seluler dan meja kaca jika ingin menjual kartu perdana. Sisa modal Anda bisa digunakan sebagai saldo.

2. Jasa Cuci Baju Kiloan

Usaha cuci baju atau laundry kiloan adalah usaha yang mudah dijalankan dan juga menjanjikan. Terlebih jika rumah Anda dekat dengan kampus atau tempat indekos mahasiswa.

Untuk memulai usaha ini, Anda hanya memerlukan modal usaha di bawah 5 juta. Modal ini digunakan untuk membeli mesin cuci dan pengering pakaian.  Harganya sekitar 3 juta. Selain dua alat tadi, Anda juga memerlukan peralatan pendukung lainnya yang harganya juga tidak terlalu mahal seperti setrika, timbangan, ember, penggantung jemuran, dan detergen pewangi.

Jika dalam sehari ada yang menggunakan jasa cuci baju 20 kilogram saja, dengan tarif 5 ribu rupiah per kilogram, maka dalam sebulan Anda bisa meraih penghasilan kotor hingga 3 juta rupiah. Belum sampai 5 bulan Anda mungkin sudah balik modal.

3. Katering

Usaha katering bisa Anda mulai dengan menawarkan ke tetangga atau kerabat yang memiliki hajatan. Jika memang makanan katering Anda memuaskan, orang cenderung menceritakan dari mulut ke mulut sehingga pesanan katering akan datang terus-menerus.

Tak perlu modal banyak untuk menjalankan bisnis ini, karena di rumah Anda pastinya sudah ada peralatan masak. Mungkin yang Anda perlu beli selain bahan makanan adalah kotak nasi dan sendok plastik saja. Jangan lupa memberikan label pada kotak makanan sehingga nama katering Anda bisa tersebar luas.

4. Makanan ringan

Jika usaha katering terlalu susah dan tidak menentu akan mendapatkan pesanan, Anda bisa mencoba menjual makanan ringan seperti gorengan atau kue-kue sederhana. Anda hanya perlu gerobak makanan dan alat penggorengan untuk usaha ini sehingga yang diperlukan untuk modal usaha di bawah 5 juta saja

5. Jualan Barang secara Online

Membuka toko sekarang tidak harus memiliki toko fisik. Tren jualan secara online sudah umum di masyarakat. Berbagai tempat jual beli atau marketplace online pun dapat dimanfaatkan gratis. Anda bisa menjual barang-barang murah yang sering diburu seperti pakaian atau aksesori telepon seluler. Dengan berjualan online, pembeli Anda pun tidak terbatas dengan tempat. Bisa jadi Anda mendapatkan pesanan barang dari kota bahkan pulau lain.

Nah, itulah usaha di bawah 5 juta yang layak untuk dicoba. Asalkan Anda memiliki niat yang kuat dan tidak mudah menyerah dalam menjalaninya, pastinya akan membuahkan penghasilan bagi Anda.

Yuk, sampaikan artikel bermanfaat dari salamberkah.com ini kepada teman-teman di media sosial. Klik ‘share’, ya!

Post a Comment