Back

10 Idea Liburan yang Muslim Friendly Di Bali

Selama ini, Pulau Bali dikenal sebagai objek wisata yang kental  dengan sentuhan budaya Hindu. namun demikian, ada juga beberapa tempat atau objek wisata yang muslim friendly atau ramah untuk wisatawan muslim. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda memiliki rencana berlibur ke pulau indah ini.

Nah, berikut penelusuran salamberkah.com tentang  10 ide liburan menyenangkan di Bali yang bisa menjadi pilihan umat muslim.

1. Bersilahturahmi di Kampung Islam Tertua di Bali

Anda dapat mengawali liburan di Bali dengan mengunjungi Kampung Gelgel. Di Kampung Islam tertua di Bali ini, Anda dapat bersilahturami dengan saudara-saudara sesama muslim.

Terdapat juga Masjid Nurul Huda yang tetap kokoh walaupun sudah berdiri sejak zaman Majapahit, 14 abad lalu. Masjid tua ini memiliki ukiran pintu yang memadukan seni kriya Islam dan Hindu.

2. Mengabadikan Toleransi di Wisata Puja Mandala

Wisata Puja Mandala menjadi simbol toleransi umat beragama. Selain tempat ibadah umat Islam, yaitu Masjid Ibnu Batutah, terdapat juga tempat beribadat umat Katolik, Kristen, Hindu, dan Budha. Objek wisata ini berlokasi di Jalan Kuru Sentra, Desa Bualu, Nusa Dua, Bali.

3. Mendaki Ketinggian Gunung Agung

Gunung Agung memiliki ketinggian 3.142  mdpl. Bagi Anda yang suka mendaki pasti tertantang menuju puncak gunung tertinggi di Bali ini, bukan?

4. Menggoyang lidah dengan Kuliner Khas Bali yang Halal dan Lezat

Tidak susah khawatir mencari makanan halal di Pulau Dewata. Di Bali ada beberapa restoran yang menyajikan kuliner khas Bali yang terjamin kehalalannya. Misalnya, nasi kedewaten. Kuliner khas Bali ini dapat ditemui di Jalan Raya Kedewetan No. 18.

5. Menyehatkan Diri dengan Loloh Minuman Khas Bali

Walaupun Loloh termasuk jamu, namun perpaduan berbagai rasanya, dari mulai manis, pedas, asin, dan sedikit asam menjadikan minuman khas Bali ini favorit. Semakin  segar jika Anda menambahkan es batu.

6. Menikmati Pesona Menawan di Desa Candi Kuning Bedugul

Pesona desa ini begitu menawan dan lengkap. Anda dapat mencobanya satu persatu, dari wisata danau, gunung, kebun raya, sampai air terjun yang begitu menentramkan hati.

7. Menginap di Hotel yang Nyaman

Hotel di Bali kebanyakan bebas, jadi siapa pun bisa keluar masuk, entah itu pasangan suami-istri atau bukan. Kondisi seperti ini tentunya tidak memberikan rasa nyaman untuk menginap. Namun jangan kawatir ada beberapa penginapan yang muslim friendly di Bali. Seperti misalnya Hotel Syariah yang mensyaratkan pasangan yang menginap untuk menunjukkan buku nikah saat check-in.

8. Menyesap Secangkir Kopi Khas Bali

Menikmati malam di Bali sambil menyesap kopi khas Bali bisa jadi pilihan tepat. Selain menghangatkan badan, aroma khas kopinya membuat tenang.

9. Mengujungi Kampung Kecicang, Kampung Muslim Terbesar di Bali

Di Kampung Kecicang tinggal 3.402 kepala keluarga yang semuanya beragama Islam. Anda dapat bertukar pendapat dan mengetahui cerita tentang kehidupan umat Islam Bali di kampung ini. Menambah wawasan, bukan?

10. Sebelum Pulang Beli Oleh-Oleh Khas Bali yang Halal Dulu

Membeli oleh-oleh tentu tidak boleh dilewatkan ketika berlibur di Bali. Ada beberapa pusat oleh-oleh di Bali bersertifikat halal dari MUI. Salah satunya adalah Pusat Oleh-Oleh Cah Ayu.

Sekarang sudah tergambar bagaimana menyenangkannya liburan di Bali? Semoga, artikel 10 ide liburan yang muslim friendly ini dapat membantu Anda menyiapkan rencana liburan ke Bali, ya.  Share ya agar syiar ini terus menyebar

Post a Comment