Back

5 Alasan Utama Mendalami Halal Tourism

Pariwisata merupakan salah satu daya tarik yang ditawarkan setiap daerah bahkan negara dengan potensi turisme yang mumpuni, tidak terkecuali kebutuhan akan halal tourism. Wisata yang menjadikan konsep halal  dalam Islam sebagai panduan utama kini semakin menggeliat dan berkembang khususnya di negara-negara dengan jumlah muslim yang besar, seperti Indonesia, Malaysia, dan Turki..

Ada beberapa hal yang menjadi alasan utama untuk mendalami konsep wisata halal, yaitu;

1. Besarnya populasi muslim di seluruh dunia

Jumlah populasi umat muslim yang besar di dunia menjadi alasan utama keberadaan pariwisata dengan konsep halal, sesuai dengan ajaran syariat Islam.

2. Keberadaan objek pariwisata yang melimpah

Salah satu daya tarik utama dalam bidang pariwisata adalah objek wisata itu sendiri. Keberadaan destinasi wisata yang melimpah menjadi salah satu alasan kenapa wisata halal perlu dikembangkan, contohnya yang terdapat di Indonesia.

Sebagai salah satu negara yang dianugerahi kekayaan alam yang melimpah seperti pantai, pegunungan dan kota-kota dengan keunikan yang khas, keberadaan pelayanan wisata dengan konsep halal merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan untuk memaksimalkan  potensi wisata di daerah yang bersangkutan.

3. Meningkatnya kesadaran akan pentingnya wisata halal

Akhir-akhir ini masyarakat makin teredukasi akan pentingnya konsep halal dalam berbagai aspek kehidupan, demikian pula dalam berpelesiran.

Kebutuhan akan ketersediaan fasilitas wisata yang sesuai dengan kaidah syariat pun kian meningkat., seperti kolam renang yang memisahkan antara lelaki dan wanita, tempat ibadah yang gampang dijangkau, serta keberadaan makanan-makanan halal yang tidak mengandung bumbu makanan yang dilarang dalam Islam.

4. Keberadaan pariwisata halal tidak hanya disediakan dan diperuntukkan bagi kaum muslim

Ketika kita berbicara tentang pariwisata halal, maka hal yang pertama yang muncul di benak kita adalah wisata yang mengakomodasi semua kebutuhan para pelancong dengan latar belakang Islam. Namun, selain menjadi kebutuhan utama bagi umat muslim, pariwisata halal juga mampu menarik perhatian dari para pelancong nonmuslim. Keberadaan logo halal dalam tagline pariwisata menjadikan semua fasilitas, baik tempat tinggal ataupun makanan, menjadi aman bagi umat muslim ataupun non muslim.

Dan salah satu hal yang menarik adalah seiring dengan perkembangan zaman, wisata halal tidak hanya disediakan oleh negara-negara dengan mayoritas muslim. Negara-negara lain seperti Jepang, Thailand, Belgia, Prancis, dan Inggris juga sudah mulai menerapkan konsep halal tourism.

5. Sebagai salah satu media dakwah

Eksistensi halal sebagai konsep utama dalam pariwisata selain berperan dalam mengumpulkan pundi-pundi ,juga menjadi sarana dakwah. Sebagai contoh adalah pemisahan perempuan dan laki-laki dalam beragam fasilitas wisata

Demikianlah beberapa alasan mengapa penting bagi kita untuk mendalami dan mengembangkan  halal tourism. Yuk, sebarkan informasi bermanfaat ini kepada teman-teman sesama muslim.

Post a Comment