Back

7 Hal Unik Liburan Buat Muslim Di Amerika Serikat

Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar Amerika Serikat sebagai destinasi liburan? Takut tidak bisa beribadah dengan nyaman atau kesulitan mencari makanan halal? Sebenarnya, banyak tempat menarik yang bisa Anda kunjungi tanpa perlu mengkhawatirkan kedua hal tersebut, Salamberkah.com akan mengupas sedikit yang kita tahu beberapa destinasi unik untuk umat muslim di Amerika Serikat berikut ini.

1. Museum Islam Pertama

Menikmati liburan sambil belajar tentang peradaban Islam? Pasti seru! Kunjungi saja Internasional museum of Muslim Culture. Museum Islam pertama di Amerika ini dibangun untuk merayakan kontribusi umat muslim terhadap peradaban di East Pascagoul di Janckson, Mississipi. Di dalamnya, Anda bisa melihat bukti peradaban Islam di Amerika dari sisi arsitektur.

2. Great Smocky Montains National Park

Bagi Anda penyuka pemandangan alam, wajib untuk mengunjungi Great Smocky Mountain yang terletak di Carolina Utara dan Tennessee. Anda bisa menjajal rafting dan juga hiking lho! Taman Nasional ini terbilang aman untuk dikunjungi oleh umat muslim karena keberagaman komunitas di daerah ini berkembang pesat.

3. Trail of Tears di Missouri

Masih seputar sejarah, jangan sampai Anda melewatkan Trail of Tears (jejak air mata) di Missouri. Pada tahun 1830 hingga 1850, ada sekitar 100.000 penduduk asli Amerika yang hidup di antara Michigan, Louisiana dan Florida, mereka dipaksa untuk berpindah ke bagian barat.

Anda bisa menghubungkan peristiwa yang dialami penduduk asli Amerika ini dengan peristiwa Tears of Ummah atau air mata umat Islam di negara lain. Tepatnya, Tears of Ummah yang terjadi karena mereka harus meninggalkan tanah asalnya akibat konflik politik maupun sosial.

4. Islamic Center of America: Dearborn, Michigan

Di dalamnya terdapat sekitar 5.000 keluarga yang terdiri dari populasi Arab-muslim terbesar di Amerika Serikat. Anda dapat mengunjungi masjid dengan lampu kristal, batu granit impro serta kaligrafi di dalamnya yang dibuat oleh seniman asal Lebanon.

5. Bertemu Imam Besar New York

Berkunjung ke Amerika Serikat sembari memperluas pengetahuan bisa Anda wujudkan dengan cara mengunjungi masjid terbesar di New York, yaitu  Islamic Cultural Center of New York. Imam besar masjid ini bernama Shamsi Ali yang berasal dari Bulukumba, Sulawesi Selatan. Aksinya menggalang dana melalui kitabisa.com untuk mendirikan pesantren di sana sempat viral. Anda bisa lho berdiskusi dengan imam besar ini sekaligus merasa bangga karena ajaran Islam bisa terus tumbuh di Amerika Serikat.

6. Melihat Karya Seniman Muslim

Anda suka pemandangan yang disuguhkan oleh megahnya bagunan di perkotaan? Ayo ke Chicago! Di sana Anda akan dibuat kagum dengan gedung tertinggi di dunia. The Sears Tower misalnya, gedung yang dirancang oleh arsitek muslim tersebut memiliki sekitar 80 tempat untuk melaksanakan salat Jumat.

7. Jangan Lupakan Wisata Kuliner Halal!

Negeri Paman Sam banyak menawarkan kuliner halal. Yang pertama, makanan halal berjajar di sekitar Devon Avenue, Chicago. New York sebagai kota dengan kepadatan penduduk tertinggi juga menawarkan jajanan halal. Di Washington, Anda bahkan bisa menemukan makan Sunda lho!

Itulah hal unik yang bisa muslim dapatkan di Amerika Serikat. Jangan takut untuk berlibur ke Amerika Serikat, selama Anda menerapkan cara Nabi Muhammad saw. yang ramah dan humanis dalam bersosialisasi dengan siapa pun.  Share ya …Info ini biar banyak saudara muslim kita yang tahu.

Post a Comment