Back

8 Alasan Mengunjungi Eropa Untuk Tahu Sejarah Islam

Eropa merupakan benua di mana Agama Islam sempat menjadi penguasanya. Eropa merupakan destinasi wisata yang sangat cocok bagi yang suka dengan sejarah dan peninggalan agama Islam. Berikut 8 alasan Salamberkah.com,  mengapa harus berkunjung ke Eropa untuk mengetahui sejarah Islam.

1. Terdapat Berbagai Peninggalan Sejarah Islam

Bangunan beserta arsitekturnya adalah bukti nyata sebuah peradaban. Beberapa negara di Benua Eropa yang bersinggungan langsung dengan Islam tentu meninggalkan jejak kebesaran peradaban Islam. Salah satu yang sudah menjadi situs warisan dunia Unesco adalah Alhambra di Spanyol, sebuah kompleks istana sekaligus benteng yang megah.

2. Masih Terdapat Pemeluk Agama Islam

Menurut Pew Forum, pada tahun 2010, populasi muslim di Eropa adalah sekitar 44 juta jiwa. Dilansir oleh The Economist, Paris merupakan kota di Eropa yang memiliki jumlah muslim terbesar, yaitu sekitar 1,7 juta jiwa. Sementara London, Ibu kota Inggris, memiliki penduduk muslim sebesar 1 juta jiwa.

3. Terdapat Komunitas Islam

Merujuk pada pesatnya pertumbuhan penduduk muslim di Eropa, Federation of Islamic Organizations in Europe (FIOE)  berhasil dibentuk pada tahun 1989. Komunitas umat muslim Eropa ini berada di Brussels, Belgia. Menurut FIOE, terdapat setidaknya lebih dari 400 komunitas Islam yang tersebar di seluruh Negara-negara Eropa.

4. Kesadaran tentang Busana Muslim

Burkini, baju renang yang didesain khusus untuk wanita muslim, sempat ditampilkan di peragaan busana London. Salah satu merk busana asal Turki, Mayovera mengatakan bahwa permintaan pasar akan burkini semakin bertambah.

5. Terdapat Banyak Museum tentang Seni Islam

British Museum di Great Russel St, London memiliki berbagai koleksi yang menggambarkan dunia Islam. Koleksinya adalah budaya dari masyarakat yang tinggal di area atau negara yang kental dengan agama Islam mulai abad ke 7 hingga saat ini. Mulai dari sejarah kepercayaan Islam, seni, kaligrafi, dan sains Islam. Beberapa peninggalan bersejarah seperti lampu masjid, keramik dengan dekorasi kaligrafi, dan kerajinan besi juga bisa dilihat di museum ini.

6. Mempelajari Studi Islam

Universitas yang secara spesifik mempelajari Studi Islam sangat mudah di temui di Eropa. Siapa yang tidak mengenal Universitas Oxford? Universitas ini bahkan telah membentuk pusat studi Islam pada tahun 1985. Menurut Postgrade.com, teradapat sekita 76 jurusan pascasarjana studi Islam yang ditawarkan oleh universitas-universitas di Eropa.

7. Mengunjungi Makam Tokoh Islam

Turki sebagai salah satu Negara di Eropa yang menyimpan bukti kejayaan kerajaan Ottoman tentu perlu untuk dikunjungi. Negara yang berada di antara 2 benua ini merupakan tempat Fatih Sultan Mehmed di makamkan.

Sultan Turki Usmani merupakan Sultan yang yang berhasil menaklukan kekaisaran Romawi Timur. Tidak heran jika Sultan diberi gelar pahlawan. Selain kepiawaiannya dalam urusan politik, ia juga pakar dibidang sains, matematika, dan menguasai 6 bahasa.

8. Mengunjungi Masjid

Bangunan yang paling terkenal di Turki tentu saja Haga Sophia, sebuah museum berkubah besar yang sebelumnya sempat difungsikan sebagai masjid dan gereja. Yang menjadikan tempat ini unik adalah terdapatnya lafaz Allah di beberapa bagian, namun ditemukan pula beberapa lukisan kuno Yesus di bagian lain.

Itulah 8 alasan yang dapat dijadikan pedoman apabila ingin menjelajahi negara-negara Eropa sekaligus belajar tentang sejarah kejayaan Islam. Berlibur sembari menambah wawasan  keislaman, kenapa tidak? …

Bagikan atau Share Artikel ini biar makin banyak yang tahu.

Post a Comment