Back

9 Tips Jitu Buat Para Pelancong Muslim Mencari Makanan Halal Saat Traveling

Makanan halal kerap menjadi kendala utama bagi pelancong muslim yang hendak berwisata ke negara lain. Tak jarang, rencana liburan dibatalkan lantaran tak menemukan solusi terbaik.

Mencari makanan halal di negara nonmuslim memang tidak semudah saat berwisata ke negara Islam atau negara yang mayoritas penduduknya muslim. Bagi Anda yang tengah merencanakan liburan ke luar negeri, cobalah beberapa tips di bawah ini supaya kegiatan jalan-jalan lancar tanpa harus merasa khawatir mengenai makanan halal.

1. Bawa Makanan Ringan

Untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, tidak ada salahnya membawa makanan ringan sebelum Anda bertolak menuju destinasi wisata pilihan. Cara ini sangat berguna, terutama bagi Anda yang baru melakukan perjalanan perdana ke luar negeri.

2. Label Halal

Jika ingin membeli makanan kemasan, pastikan untuk melakukan pengecekan label halal. Jika Anda merasa kurang yakin mengenai makanan tersebut atau kesulitan membaca label, jangan ragu untuk bertanya pada petugas.

3. Restoran Halal

Banyak restoran negara nonmuslim yang sudah mendapatkan status halal. Bahkan tak sedikit yang mencantumkan bahan-bahan makanan di dalam menu. Dengan begitu, Anda lebih mudah dalam memilih mana makanan yang boleh dikonsumsi.

4. Restoran Cepat Saji

Jika Anda kesulitan menemukan restoran halal, pilih restoran cepat saji yang banyak tersebar di lokasi strategis. Restoran ini menyediakan makanan yang aman untuk Anda konsumsi seperti salad, olahan seafood, dan kentang goreng yang sudah pasti terjamin kehalalannya

5. Menu Vegetarian

Menu ini banyak dipilih oleh pelancong muslim karena terjamin halal. Menariknya, di sejumlah negara, menu vegetarian dibuat menyerupai makanan nonvegetarian. Soal rasa? Dijamin tak kalah lezat.

6. Menu Seafood

Selain menu vegetarian, seafood juga banyak dicari oleh wisatawan muslim. Namun, Anda perlu berhati-hati karena ada beberapa penjual yang menggunakan bahan-bahan haram seperti minyak babi atau alkohol. Oleh karena itu, bertanya di awal jauh lebih baik ketimbang telanjur memesan makanan.

7. Sayur dan Buah

Sayur dan buah menjadi pilihan tepat untuk mengisi perut Anda yang lapar. Jenis makanan ini dapat dikonsumsi oleh muslim. Asyiknya, untuk menemukan penjual buah dan sayur tidaklah sulit.

8. Masak Sendiri

Di beberapa hotel khusus muslim, sudah tersedia restoran yang terjamin kehalalannya sehingga Anda tidak dipusingkan dengan urusan makanan. Namun, jika Anda menginap di hostel dan tidak tersedia alat masak yang memadai, bawalah alat masak portable. Anda dapat membeli bahan makanan halal di pasar tradisional atau supermarket.   

9. Aplikasi

Negara di Asia seperti Jepang dan Korea Selatan merupakan salah satu dari sekian banyak destinasi wisata yang ramah muslim. Selain menyediakan tempat ibadah di sejumlah ruang publik, ada fasilitas panduan untuk memudahkan kaum Muslim mencari tempat makan halal.

Sayangnya, beberapa negara lain belum memberikan fasilitas serupa. Kendati demikian, Anda dapat menggunakan aplikasi yang dirancang khusus untuk menunjukkan lokasi restoran halal dan tempat ibadah seperti Halalminds, Cek Halal, Irhal Halal Travel City Guide, dan Have Halal Will Travel.

Dengan tips di atas, pelancong muslim tak perlu lagi merasa ragu untuk traveling ke negara nonmuslim karena banyak makanan halal yang tersedia. Sudah siap untuk melancong?

Semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini ya!

Post a Comment